Deprecated: Fungsi is_staging_site tidak berlaku lagi sejak versi 3.3.0! Gunakan in_safe_mode sebagai penggantinya. in /home3/news2652/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
Pemkab Bondowoso Lakukan Sosialisasi Pilkades Serentak - News Metropol
Deprecated: Fungsi is_staging_site tidak berlaku lagi sejak versi 3.3.0! Gunakan in_safe_mode sebagai penggantinya. in /home3/news2652/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078

Deprecated: strpos(): Passing null to parameter #1 ($haystack) of type string is deprecated in /home3/news2652/public_html/wp-content/plugins/latest-posts-block-lite/src/fonts.php on line 50

Bondowoso, Metropol – Sebagai upaya memberikan informasi dan memantapkan kesiapan terhadap penyelenggara Pilkades, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui bagian pemerintahan, menggelar sosialisasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pendopo Kecamatan Tegalampel.

Sosialisasi ini di ikuti oleh pejabat Kepala Desa, Sekretaris Desa, LPMD dan Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang akan melaksanakan Pilkades awal Juni mendatang, pada 176 desa yang tersebar di 23 Kecamatan yang berada di Kabupaten Bondowoso.

Wawan Setiawan, SH, MH Asisten I Mengungkapkan sosialisasi Pilkades ini untuk menyamakan persepsi dan memantapkan pemahaman kepada peserta tentang peraturan yang mengatur pelaksanaan Pilkades.

“Sosialisasi Pilkades ini bertujuan agar peserta memiliki bekal pengetahuan yang memadai sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan Pilkades sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Wawan, Rabu (4/1)

Hal senada juga di sampaikan oleh Camat Tegalampel Ifan Ariffandi, Pilkades serentak akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang, dengan teknis dan pengaturan penentuan waktu pemungutan suara akan di tetapkan lebih lanjut oleh Bupati.

Lebih lanjut Ifan mengajak para pejabat Kepala Desa, Sekdes dan BPD berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkades yang demokratis, transparan, jujur, adil, aman dan damai. Masing-masing lembaga terkait dengan penyelenggaraan Pilkades harus memiliki kesamaan persepsi dan memahami peraturan yang menjadi landasan dalam melaksanakan tugas sesuai tugas dan fungsinya.

“Antisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan masalah Pilkades, khususnya terkait persyaratan administrasi calon Kepala Desa seperti legalitas ijazah, status kependudukan, persyaratan pemilih dan pelaksanaan pantarlih serta penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara,” pinta Ifan.

Dalam kesempatan tersebut Ifan juga meminta agar menjaga netralitas semua elemen yang ada di desa, mulai dari penjabat Kepala Desa dan perangkat desa, BPD dan khususnya panitia Pilkades, sehingga proses Pilkades bisa berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Yakinkan kepada semua calon Kepala Desa, agar memiliki sikap legowo. Artinya memiliki sikap ksatria siap menang untuk mengemban amanat masyarakat dan siap menerima kekalahan selanjutnya bersedia mendudkung siapapun yang terpilih sebagai Kepala Desa untuk bersinergi membangun dan memajukan desa,” pungkasnya. (Sukri)

KOMENTAR
Share berita ini :