Kendari, Metropol – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari selalu mendukung penuh tugas operasi Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Demikian disampaikan oleh Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi, W. SH. kepada sejumlah wartawan beberapa lalu di Kendari. “Sesuai dengan tugasnya, setiap pangkalan Angkatan Laut menyiapkan semua kebutuhan operasi KRI (Kapal Republik Indonesia red)” ujar orang nomor satu di jajaran Lanal Kendari tersebut. Selasa, (13/10).

Dikatakannya lagi fungsi utama Pangkalan TNI AL adalah mendukung Unsur TNI AL seperti KRI, Pesawat Udara Maritim dan lain-lain yang sedang melaksanakan tugas Operasi di wilayah tersebut.

Ditambahkannya pula perairan Sultra secara geogarafis berada pada dua alur ALKI yakni sebelah selatan yakni Laut Flores merupakan ALKI II serta sebelah timur yakni Laut Banda berada pada ALKI III.

Perwira Menengah (Pamen) berpangkat melati tiga di pundak ini juga menyampaikan saat ini perairan Sultra masih aman untuk jalur pelayaran karena kehadiran KRI di perairan Sultra. “KRI selalu stand by di Perairan Sultra sehingga perairan kita sangat aman untuk dilayari,” pungkasnya. (MP2 – Sultra).

KOMENTAR
Share berita ini :