Reporter : Jamal Hengki | Editor : Widi Dwiyanto

MAKASSAR, NEWSMETROPOL.id – Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar, kembali diperkuat oleh alutsista armada perang Republik Indonesia (RI) yang baru.

Alutsista yang akan memperkuat Satuan Patroli (Satrol) Keamanan Laut di jajaran Lantamal VI ini bernama KRI Marlin-877.

Kedatangan KRI Marlin-877 tersebut disambut langsung dengan jajar kehormatan oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, S.E., M.Tr.Opsla., beserta perwakilan Forkopimda Sulsel bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Rabu (07/02/2024).

Acara penyambutan kemudian dilanjutkan dengan pengalungan bunga ke Komandan KRI Marlin-877 Mayor Laut (P) Nugroho Adyanto Wicaksono, M.Tr.Opsla., oleh pejabat Forkopimda Sulsel yang diwakili oleh Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han.

Danlantamal VI Makassar menyampaikan bahwa diharapkan KRI Marlin-877 dapat berfungsi sebagai Kapal Patroli mendukung kegiatan-kegiatan operasi pada situasi damai maupun perang serta responsif terhadap segala bentuk penegakan hukum dilaut dan memiliki kemampuan dalam menunaikan setiap tugas sehingga dapat bermanfaat untuk negara dan bangsa.

“Semoga dengan keberadaan KRI Marlin-877 di Mako Lantamal VI Makassar dapat memperkuat alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal VI,” ujar Danlantamal VI Makassar.

Usai acara penyambutan, dilaksanakan penyerahan dokumen Kapal dari perwakilan Dinas pengadaan TNI Angkatan Laut (Disadal) dan PT Palindo Marine kepada Danlantamal VI Makassar yang dilanjutkan dengan Ship Tour bersama para pejabat perwakilan Forkopimda Sulsel.

Untuk diketahui, KRI Marlin-877 ini merupakan salah satu jenis Kapal Perang Patroli Cepat (PC) 60 Meter karya putra bangsa yang dibangun di Galangan PT Palindo Marine.

Ditetapkannya sebagai Kapal Perang Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Panglima TNI tanggal 28 Februari 2023 dengan Nama KRI Marlin bernomor lambung 877 dengan nama panggilan YDYC2 (Yankee Delta Yankee Charlie Two) yang kemudian diresmikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., bertempat di Dermaga Utara Baru 1 Pelabuhan Batu Ampar, Batam pada tanggal 20 Desember 2023.

Hadir pada acara tersebut, Wadan Lantamal VI dan PJU Lantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kakuwil Lantamal VI, perwakilan pejabat dari Mabes TNI AL, perwakilan pejabat Satdik-2 Makassar, Kepala BI perwakilan Sulsel, Kepala Kanwil Mandiri Sulsel serta para undangan TNI/POLRI dan instansi pemerintah serta para stake holder rekanan Lantamal VI Makassar lainnya.

KOMENTAR
Share berita ini :