Lebak, Metropol – Maraknya pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus 2015, membuat suhu politik di tingkat desa sedikit menghangat. Tak beda dengan masa-masa pelaksanaan Pilpres, Pilkada dan Pileg.

Ada perbedaan saat pemilihan kepala desa dalam 5 tahun terakhir ini. Karena para calon kepala desa harus melalui seleksi dan uji kelayakan terlebih dahulu, serta sistem kampanye yang dilakukan secara sehat dan terbuka, sehingga berbagai macam atribut kampanye, bertebaran di setiap tempat strategis. Situasi ini semua merupakan suatu bukti bahwa demokrasi telah mengakar hingga ke tingkat desa.

Hasil pantauan Metropol baru-baru ini di 5 Kecamatan yang ada di wilayah Lebak Selatan atau lebih tepatnya Dapil IV Pilkades, yaitu Kecamatan Cibeber, Cilograng, Bayah, Panggarangan dan Cihara, dengan jumlah 142 orang yang sudah dipastikan mengikuti Pilkades.

Kecamatan Cibeber, terdiri dari 14 desa yang melaksanakan Pilkades dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 30 orang, yaitu; Desa Cibeber 3 orang, Cikotok 3 orang, Warung Banten 2 orang, Sukamulya 3 orang, Hegar Manah 2 orang, Citorek Barat 3 orang, Citorek Tengah 2 orang, Citorek Timur 2 orang, Neglasari 3 orang, Wanasari 5 orang, Kujangjaya 2 orang, Cisungsang 2 orang dan Kujangsari 2 orang.

Kecamatan Cilograng, terdiri dari 9 desa dengan jumlah calon 29 orang, yaitu; Desa Cilograng 5 orang, Cikatomas 5 orang, Cijengkol 5 orang, Lebaktipar 2 orang, Cireundeu 2 orang, Cikamunding 2 orang, Gunungbatu 2 orang dan Girimukti 2 orang.

Kecamatan Bayah, terdiri dari 7 desa dengan jumlah calon 23 orang, yaitu; Desa Pasirgombong 2 orang, Darmasari 5 orang, Bayah Barat 4 orang, Bayah Timur 3 orang, Cimancak 3 orang, Cisuren 4 orang dan Suwakan 4 orang.

Kecamatan Panggarangan, terdiri dari 9 desa dengan jumlah calon 27 orang, yaitu; Desa Hegarmanah 2 orang, Sogong 5 orang, Jatake 3 orang, Mekarjaya 5 orang, Gununggede 4 orang, Sindangratu 3 orang dan Cimandiri 5 orang.

Kecamatan Cihara teridiri dari 7 desa dengan jumlah calon 25 orang , yaitu; desa Cihara 2 orang, Karang Kamulyan 2 orang, Mekarsari 5 orang, Lebak Peundeuy 4 orang, Ciparahu 5 orang, Panyaungan 4 orang dan Citepuseun 3 orang.

Dari hasil konfirmasi kelima camat seperti Camat Cibeber Drs. Dedi S. Wijaya, M.Si, Camat Cilograng H. Edi Sunadi, S.Sos, Camat Bayah Drs. Eman Suparman, MM., Camat Panggarangan Mamat Permana, S.Sos dan Camat Cihara Drs. H.A. Ruyani, MM. sepakat, bahwa hendaknya Pilkades ini dapat dilaksanakan dengan tertib aman dan damai, sesuai dengan mekanisme yang ada dan tidak terjadi perpecahan di setiap kubu pendukung para calon kepala desa tersebut.

(Syaripudin/Dicky Abiasa)

KOMENTAR
Share berita ini :