Barru, Metropol –¬†Berdasarkan hasil Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barru pada masa sidang ke 1 Tahun. 2015 yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD. Dari Dapil III, Hacing S.Sos di lima dusun se Kecamatan Pujananting akhir November 2014 lalu, telah dipaparkan berbagai keinginan dan harapan masyarakat di lima dusun tersebut yaitu:

Dusun Bonto Payung desa Pujananting Kecamatan Pujananting:

  1. Masyarakat menginginkan adanya percepatan pembangunan lanjutan jalanan tembusan ke Desa Bulo-Bulo dan pembangunan jembatan sebagai lintas perbatasan desa.
  2. Tenaga pendidik yang masih berstatus honorer mengharapkan pemerintah membuka lebih banyak formasi CPNS untuk bidang pendidikan dan mengutamakan penduduk asli daerah.
  3. Tenaga pendidik yang masih berstatus honorer mengharapkan pemerintah agar kiranya lebih memperhatikan kesejahteraan honorer demi meningkatnya kinerja pendidikan.
  4. Masyarakat mengharapkan agar kiranya distribusi tenaga guru PNS pada daerah terpencil merata, sehingga proses pembelajaran menjadi lancar.
  5. Masih banyak rumah penduduk yang membutuhkan penerangan (listrik PLN).
  6. Petani mengharapkan pemerintah untuk lebih meningkatkan pembangunan jaringan irigasi untuk areal persawahan.

Dusun Labaka Desa Bulo-Bulo Kecamatan Pujananting:

  1. Petani mengharapkan agar kiranya pemerintah lebih meningkatkan pembangunan jaringan irigasi (Pipanisasi), untuk areal persawahan terutama rute Burembeng-Labaka.
  2. Masyarakat berharap jalan lingkungan Labaka-Lappatemmu segera diperbaiki (rehabilitasi) bahkan jika bisa dilakukan pengaspalan karena masyarakat sangat kesulitan berlalu lintas di jalan tersebut.
  3. Masyarakat mengharapkan adaya pembangunan jaringan irigasi air bersih di Bua Sada`a-Labaka, karena pada saat musim kemarau masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.
  4. Masyarakat mengharapkan penerangan listrik PLN.
  5. Masyarakat mengharapkan adanya penambahan tenaga Guru, khususnya pada kelas jauh SDI. Lappatemmu dusun Labaka.
  6. Masyarakat mengharapkan penambahan Guru yang berstatus PNS. Utamanya penduduk asli di daerah tersebut.

Dusun Lappa Temmu Desa Bulo-Bulo kecamatan Pujananting:

  1. Masyarakat mengharapkan adanya pembuatan irigasi air bersih di daerah Balambaru-Bulo-Bulo.
  2. Adanya penambahan pembangunan perumahan bagi guru-guru SMP. Negeri 4 Pujananting karena para guru disekolah tersebut hanya menempati ruang kantor sebagai tempat tinggal.
  3. Masyarakat khususnya para pemuda mengharapkan kepada pemerintah agar dapat merehabilitasi lapangan sepak bola Bulo-Bulo, sesuai dengan volume lapangan sepak bola pada umumnya.
  4. Para pemuda mengharapkan agar dalam kegiatan Sosialisasi Perda atau peraturan lainnya mereka dilibatkan untuk meningkatkan kesadaran hukum.
  5. Masyarakat mengharapkan pemerintah agar mempercepat peningkatan jalan Poros Lappatemmu-Passengareng utamanya pengaspalan.
  6. Masyarakat mengharapkan pemerintah mengambil langkah cepat dalam hal pemeliharaan jalan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
  7. Pada umumnya masyarakat mengharapkan adanya penambahan tenaga guru dan tenaga medis utamanya peduduk asli daerah tersebut.

Dusun Panggalungan Desa Bulo-Bulo Kecamatan Pujananting:

  1. Masyarakat mengharapkan pemerintah agar mempercepat perbaikan jalan tembusan Panggalungan-Bacopie.
  2. Masyarakat mengharapkan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan jaringan irigasi persawahan di Balambaru-Panggalungan.
  3. Masyarakat mengharapkan pemerintah agar memperhatikan masalah perumahan guru dan gedung sekolah baik secara kualitas maupun kuantitas.

Dusun Padang Rewatae Desa Pattappa Kecamatan Pujananting.

  1. Pengaspalan jalan Bette-Padang Rewatae sepanjang 1,5 kilometer.
  2. Pembangunan jembatan gantung sepanjang 65 meter di dusun Padang Rewatae.

Pembangunan bendungan dan jaringan irigasi Gattungeng Dusun Padang Rewatae Desa Pattappa Kecamatan Pujananting sepanjang 1,5 kilometer. (Mahmud R/Ahkam)

KOMENTAR
Share berita ini :