Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. SH Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Dermaga Lanal Kendari, Kamis (10/11).

Kendari, Metropol – Peringatan Hari Pahlawan 10 November oleh jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut diperingati secara sederhana di Dermaga TNI AL Kendari, Kamis (10/11).

Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal)  Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. SH., dengan Komandan Upacara adalah Kapten Laut (E)  Mustakim.

Selain diikuti oleh seluruh Personel Lanal Kendari, upacara peringatan Hari Pahlawan di Dermaga Lanal tersebut juga diikuti oleh sejumlah personel TNI dari matra Darat dan Udara,  personel Polri, Legiun Veteran RI,  Basarnas, Siswa-siswi SMK Pelayaran, Pramuka Saka Bahari,  dan  Pemuda Pancasila.

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. SH mengatakan, kemerdekaan dan kebebasan yang dirasakan oleh generasi saat ini merupakan buah dari pengorbanan para pahlawan.

“Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil pengorbanan para pahlawan saat merebut maupun mempertahankan kemerdekaan,” ujar Aris kepada Metropol usai upacara dan tabur bunga (10/11).

Lanjut Aris mengatakan, upacara peringatan Hari Pahlawan merupakan refleksi dari perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdakaan dari bangsa penjajah.

“Banyak sekali peristiwa-peristiwa heroik yang pernah dilakoni oleh para pendahulu kita, misalnya saja peristiwa di Surabaya tanggal 10 November 1945 yang kemudian dijadikan Hari Pahlawan,” sebutnya.

Kata dia sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya dengan tetap memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

“Kemerdekaan kita peroleh karena adanya persatuan di antara semua komponen dan suku bangsa. Semangat ini hendaknya tetap kita pupuk dan lestarikan agar NKRI tetap utuh,” katanya lagi.

Orang nomor satu di Jajaran Lanal Kendari tersebut menambahkan, sebagai perwujudan penghargaan terhadap jasa para pahlawan maka sudah sepatutnya kita meneruskan semangat dan cita-cita para pahlawan untuk mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan berkepribadian.

“Dengan tekad dan ketulusan untuk bersama-sama yang dilandasi oleh integritas, moralitas, loyalitas serta etos kerja dengan penuh semangat gotong-royong. Maka saya yakin, bangsa Indonesia dapat mencapai cita-citanya,” jelasnya.

Dari pantauan Metropol, usai pelaksanan upacara, selanjutnya, Danlanal memimpin acara tabur bunga di laut yang diikuti oleh seluruh tamu undangan dan peserta upacara.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :