Enrekang, Metropol – Usaid Prioritas menyelenggarakan workshop Program Buku Bacaan Berjenjang (B3) di Aula SDN 1 Enrekang. Workshop tersebut berlangsung pada rabu 06 April 2016 untuk sesi pertama, dan sesi II akan dilaksana kan pada Senin-Rabu, 12-13 April 2016 di Aula SDN 26 Massemba Enrekang. Acara tersebut diikuti seluruh kepala sekolah dan tiga orang guru kelas awal yang menerima bantuan program B3, sebanyak 600 examplar Buku/Sekolah dari 76 Sekolah yang menerima bantuan. Turut hadir dari unsur Dinas Pendidikan di dampingi oleh Provinsial Coordinator USAID Prioritas Provinsi Sulawesi Selatan, dan Fasilitator Provinsi, serta Kepala Kantor Diknas (KCD) Enrekang, Selasa (5/4) kemarin.

Provincial Coordinator Usaid Prioritas Sulawesi Selatan, Jamaruddin menjelaskan, Workshop yang dilakukan itu bertujuan untuk menyusun jadwal distribusi buku,  rencana pelatihan program Buku Bacaan Berjenjang (PB3) di tingkat gugus bagi  guru di kelas awal (kelas 1, 2 dan 3) dan proses pendampingan.

“Betapa pentingnya kemampuan membaca bagi siswa siswi kita semua. Saya berharap program ini benar benar akan memberikan manfaat bagi dunia pendidikan kita,” kata Jamaruddin saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, salah satu kabupaten yang menerima program Buku Bacaan Berjenjang untuk kelas awal. Banyak Buku bacaan beredar di pasar, namun sulit ditemukan buku berjenjang yang disesuaikan khusus untuk anak kelas awal. “Buku berjenjang dikembangkan berdasarkan tingkat kemampuan membaca (bukan tingkat kelas),” jelas Jamaruddin

Sementata itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Enrekang yang diwakili oleh Kepala Bidang PAUD, Drs Mardin, M.Pd mengatakan,  ini merupakan salah satu Kabupaten program buku bacaan berjenjang. Buku yang akan dibagikan nantinya melalui proses reviu dan revisi yang melibatkan; perwakilan guru, kepala sekolah, pengawas dari Kemenag, Kemendikbud. Ia pun menyambut baik program B3 tersebut. “Program ini sangat bagus untuk diterapkan. Mari sama-sama kita sukseskan,” ajak Mardin.

(Andi Erna)

KOMENTAR
Share berita ini :