Panglima TNI Jenderal TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Istana Negara, Jakarta, (24/10).

Jakarta, Metropol – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan berpihak pada stabilitas keamanan dalam Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2017, yang merupakan pesta demokrasi bangsa Indonesia dan pesta rakyat.

Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers kepada awak media usai mengikuti rapat koordinasi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (24/10) kemarin.

Seusai pelakasaan rapat koordinasi yang diikuti oleh para Panglima Daerah Militer (Pangdam) dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) serta perwira tinggi TNI dan Polri di Istana Negara Jakarta, Panglima TNI mengintruksikan kepada jajarannya untuk mengerahkan segala kemampuan dalam menjaga stabilitas keamanan selama pelaksanaan Pilkada serentak.

“Saya perintahkan seluruh (Pangdam) mulai dari Sabang sampai Merauke untuk siaga. Jangan ragu kerahkan semua kekuatan daya yang ada,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengatakan, Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2017, TNI dan Polri berkomitmen untuk menjaga dan memelihara stabilitas keamanan agar pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

“TNI akan menyiapkan segala kemampuan, daya dan upaya untuk membackup Polri dalam pengamanan Pilkada serentak,” katanya.

“Saat ini keamanan bangsa menjadi sorotan dunia, dimana demokrasi di Indonesia dijadikan contoh oleh negara lain,” tambah Panglima TNI.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan, untuk menjaga stabilitas keamanan dalam pelaksanaan pemilukada, Polri dan TNI adalah kekuatan inti yang didukung oleh berbagai stakeholder lainnya termasuk media, masyarakat, maupun civil society akan bekerja bersama-sama untuk menjaga stabilitas kamtibmas.

“Jajaran Polri dan TNI, kami sudah sepakat dengan Bapak Panglima, untuk semua lini dari atas sampai dengan ke bawah, dari pusat sampai dengan ke tingkat provinsi, kemudian kabupaten/kota, kecamatan, sampai dengan tingkat babinsa, babinkamtibmas. Juga dengan Bapak Mendagri tadi, dengan lurah dan kepala desa, kita sepakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas kamtibmas,” tegas Tito.

(Kamal)

 

KOMENTAR
Share berita ini :