Lebak, Metropol – SMPN I Cibeber merupakan sekolah lanjutan tingkat pertama di Lebak Selatan, berusia sekitar 54 tahun, didirikan pada tahun 1961, yang kala itu bernama SMPN 1 Cikotok. Sekolah yang dibangun oleh PT Antam Tbk dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, saat itu diperioritaskan untuk anak-anak pegawai PT Antam. Namun tidak sedikit beberapa siswa ada yang datang dari Kecamatan Malingping dan sekitarnya, karena pada saat itu hanya ada satu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yaitu SMPN I Cibeber.

Saat ini sekolah tersebut memiliki 18 ruang belajar. 8 ruang diantarnya sedang dalam rehab berat dan 10 ruangan lainnya masih keadaan layak untuk digunakan kegiatan belajar mengajar. Jumlah guru sebanyak 11 orang PNS dan 16 orang lainnya masih tenaga honorer, sedangkan jumlah murid saat ini sebanyak 585 siswa.

Kepala Sekolah SMPN I Cibeber, Toton Supriansur, S.Pd, saat ditemui diruang kerjanya Kamis (12/11) mengatakan, ”berbagai bantuan baik dari Dinas Provinsi dan Kabupaten berjalan sesusai harapan, termasuk juga bantuan longsor terjadi di belakang sekolah yang baru-baru ini telah mendapat respon dari BNPB Kabupaten Lebak, sehingga dalam waktu dekat akan segera ditangani. Hal yang patut kami banggakan, lulusan dari sekolah ini banyak yang sudah mendapat kedudukan penting di pemerintahan,” katanya.

“Terkait dengan prestasi ratusan piala sudah memenuhi ruangan, termasuk trofy kejuaraan yang di dapat dari Lomba Tari Tradisional dalam acara Gebyar Seni Kabupaten meraih juara 1,” lanjut Toton Supriansur.

Sudah sewajarnya bila sekolah ini mendapat perhatian khusus oleh dinas dan instansi terkait, mengingat keberadaannya memiliki nilai sejarah yang patut menjadi kebanggaan. Tidak seperti beberapa tempat yang bernilai sejarah di perusahaan yang sekarang hampir punah, karena Pertambangan Cikotok adalah pertambangan yang pertama di Indonesia, yang kini namanya hampir terlupakan, padahal puluhan tahun silam nama Cikotok termasuk dalam salah satu pelajaran di sekolah Dasar.

(Dikcy Abiasa)

KOMENTAR
Share berita ini :