Barru, Metropol -Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Barru, adalah salah satu sekolah kejuruan yang pertama di Kabupaten Barru, yang saat ini mempersiapkan diri untuk menuju Sekolah Adiwiyata, Persiapan Sekolah Rujukan Tahun 2015.

Program tersebut secara langsung diresmikan oleh Bupati Barru Ir. H. Andi Idris Syukur MS. Pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun SMK Negeri I Barru sebagai rangkaian acara peresmian penggunaan Ruang Kelas dan Ruang Praktek serta sebagai tanda Pengukuhan Pengurus Pusat Informasi dan Konseling Remaja, pada hari Jumat 2 Januari 2015 di Aula SMK. Negeri I Barru.

Selain Bupati Barru, acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Barru, DR. A. Bustan M. Si., Kepala sekolah SMK Negeri I Barru Drs. Arifin,  Ketua Ikatan Alumni SMK Negeri I Barru, para Guru, Orang Tua beserta seluruh undangan.

Terkait dengan Program Adiwiyata, Andi Idris Syukur dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hal tersebut harus benar-benar diperhatikan karena Program ini berkaitan dengan Lingkungan. Dan Pemerintah memberikan penghargaan bukan semata-mata untuk memperbaiki penampilan sekolah akan tetapi diharapkan siswa-siswi dapat mengambil pelajaran agar mereka  mencintai lingkungan.

Seusai sambutan, Bupati Barru melakukan penekanan tombol sirine sebagai tanda pencanangan Program Sekolah Adiwiyata Persiapan Sekolah Rujukan Tahun 2015, Peresmian Penggunaan Ruang Kelas dan Ruang Praktek serta sebagai tanda Pengukuhan  Pengurus Pusat Informasi dan Konseling Remaja SMK Negeri 1 Barru. dan dilanjutkan dengan peniupan lilin serta pemotongan kue Ulang Tahun Milad ke-28 SMK. Negeri 1 Barru oleh Kepala Sekolah SMK. Negeri 1 Barru yang di dampingi oleh Ketua Ikatan Alumni SMK. Negeri 1 Barru kemudian diserahkan kepada Bupati Barru dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru.

Kepala Sekolah SMK Negeri I Barru Drs. Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa Program 2014/2015 SMK Negeri I Barru yaitu menuju sekolah Adiwiyata dan untuk mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata ini, kami terus melakukan pembenahan disemua sektor yaitu, 1. Kebijakan berwawasan lingkungan. 2. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan 3. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. 4. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Selain itu kata Arifin, kunci keberhasilan program Adiwiyata ini juga tergantung dari komitmen dan partisipasi warga sekolah.

Ketua Adiwiyata SMK Negeri I Barru Hidayat, S.Pd yang juga selaku guru olahraga disekolah tersebut menyatakan bahwa demi untuk mewujudkan program ini, dirinya siap bekerja keras untuk membangun SMK Negeri I Barru.

“Iya, kami siap bekerja, bekerja dan bekerja demi untuk membangun agar sekolah ini lebih baik dan lebih maju kedepan sesuai dengan visi misi SMK Negeri I Barru,” ujarnya.

Menurut Hidayat, beberapa kegiatan telah dilaksanakan terkait dengan Adiwiyata yaitu mulai dari perbaikan lingkungan, penanaman pohon, pembuatan Green House, kolam ikan, dan kebun sekolah serta hutan sekolah.

Selain itu kata Hidayat tim Adiwiyata SMK Negeri I Barru juga telah membentuk pemuda Adiwiyata dan telah melaksanakan program Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan kompos carr, pembuatan pas bunga dengan cara daur ulang, dan pembersihan lingkungan sekolah. (Mahmud Rahim, Ahkam, Azis)

KOMENTAR
Share berita ini :