Blitar, Metropol – Ribuan warga Blitar, bahkan hingga kota tetangga, seperti Kediri dan Tulungagung tumpah ruah di sekitar Alun-Alun Lodoyo untuk mengikuti prosesi pemandian Gong Kyai Pradah pada Minggu (4/1).

Warga yang berduyun-duyun memadati area sejak pagi hari mengaku mengikuti acara tersebut untuk ngalab berkah dari air bekas pencucian Gong Kyai Pradah yang konon dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, awet muda, lancar rejeki dan berbagai khasiat lainnya yang secara turun temurun telah dipercaya oleh warga.

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Blitar Rijanto, Sekda Kabupaten Blitar Palal, Kepala Dinas Porbudpar Kabupaten Blitar Luhur Sejati dan segenap perwakilan SKPD se Kabupaten Blitar, dari Kepala Dinas hingga Camat se-Kabupaten Blitar yang tampak kompak dengan balutan beskap. Tampak Wabup Rijanto yang mewakili Bupati Herry Noegroho yang tengah absen akibat sakit mengungkapkan, makna acara Siraman Gong Kyai Pradah yang mendalam.

“Selain untuk melestarikan budaya dan kesenian lokal khas Blitar, acara Siraman Gong Kyai Pradah yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan dari tahun ke tahun dapat menjadi event wisata budaya Blitar pada khususnya sekaligus Jawa Timur pada umumnya dan dapat menjadi event penggerak ekonomi kreatif masyarakat sekitar yang selalu antusias mengikuti acara ini sebagai bentuk penghargaan terhadap nilai-nilai tradisi luhur budaya bangsa,” ujar Wakil Bupati Blitar Rijanto yang diwawancarai awak media pasca acara siraman berlangsung.

Pada rangkaian acara Ritual Siraman Gong Kyai Pradah tersebut, ditampilkan juga kesenian Jaranan serta Tayuban yang diikuti oleh para pejabat teras di Kabupaten mulai dari Wabup Rijanto, Sekda Palal, Ketua DPRD Marhaenis UW dan beberapa pejabat lain yang didapuk untuk menari bersama di Pendopo Alun-Alun Lodoyo setelah siraman selesai dilaksanakan. Bahkan Wabup Rijanto tampak luwes menari bersama para sinden di Alun Alun Lodoyo meskipun dengan wajah yang masih belepotan diolesi boreh sisa pencucian Gong Kyai Pradah tersebut.

Acara tahunan yang menyedot perhatian banyak warga untuk berkumpul di Alun Alun Lodoyo ini mengerahkan satuan pengamanan dari Polres Blitar dan Polsek Lodoyo Timur, Kodim 0808 Blitar, Satpol PP dan bantuan komunikasi dari RAPI Blitar untuk menjaga keamanan tetap kondusif selama acara berlangsung. (IP)

KOMENTAR
Share berita ini :