Kapolres Pelabuhan Tg Priok AKBP Roberthus Yohanes De Deo bersama para Pejabat Utama dan Ibu Bhayangkari mengantar Ipda Sunardi dan Ipda Ponijo melewati pasukan Pedang Pora sampai kedepan pintu gerbang Mapolres.

Jakarta, Metropol – Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar upacara pelepasan dua anggotanya yang mamasuki Purna Tugas. Upacara tersebut berlansung di Halaman Mapolres Tanjung Priok dengan tradisi Pedang Pora yang diikiuti oleh para Perwira dan seluruh personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Kedua anggota Polri yang memasuki Purna Tugas tersebut adalah Ipda Sunardi dan Ipda Ponijo, dimana kedua anggota itu diantar lansung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok bersama para Pejabat Utama dan Ibu Bhayangkari melewati pasukan Pedang Pora sampai kedepan pintu gerbang Mapolres.

Kasubag Humas Polres Pelabuhan Tg Priok Iptu Sutrisno mengatakan, prosesi pelepasan anggota Polri yang memasuki purna tugas, baru kali ini digelar di halaman Polres Pelabuhan Tanjung Priok dengan tradisi pedang pora.

“Tradisi ini hanya dilakukan saat upacara kenaikan pangkat Perwira. Namun, kali ini dilakukan untuk melepas anggota Polri yang memasuki purna tugas,” kata Iptu Sutrisno, Selasa (21/3).

Usai menerima piagam penghargaan dari Kapolres, Ipda Ponijo dan Ipda Sunardi ditemani Isteri diminta untuk memberikan sambutan. Ia mengatakan, sangat merasa senang dan terharu karena kali ini selama puluhan tahun berdinas dikepolisian baru Bapak Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan upacara pelepasan terhadap anggotanya yang memasuki purna tugas dengan upacara menggunakan tradisi Pedang Pora.

“Sungguh ini suatu penghormatan bagi saya dan keluarga di akhir masa dinas saya sebagai anggota Polri. Saya berharap momen seperti ini diteruskan secara berkelanjutan turun temurun, karena kehadiran anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok melebihi dari apapun dan kita semua adalah keluarga, walaupun sudah tidak aktif lagi di Kepolisian,” pinta Ipda Ponijo dalam sambutannya yang diamini Ipda Sunardi.

Sementara itu, Kapolres AKBP Roberthus Yohanes De Deo mengatakan bahwa, kegiatan upacara Purna Tugas dengan tradisi Pedang Pora ini memang baru pertama kali digelar di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

“Ini sebagai bentuk rasa terima kasih kami dan penghargaan dari Kepolisian kepada anggota atas dedikasi kinerja, pengabdian dan pengorbanan mereka selama puluhan tahun berdinas sebagai anggota Polri. Jujur saya iri dan juga ingin seperti Bapak Bapak mamasuki purna tugas berakhir dengan catatan yang baik,” terang AKBP Roberthus Yohanes.

Selain upacara pelepasan anggota yang purna tugas, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok juga memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi, baik dalam hal pengungkapan kasus ataupun dedikasinya rajin.

“Penghargaan ini tidak hanya kami berikan untuk yang di lapangan mengungkap kasus saja, melainkan anggota beserta staf yang mempunyai dedikasi dan kinerja yang bagus juga akan mendapatkan penghargaan,” kata Kapolres.

(Aji)

KOMENTAR
Share berita ini :