Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso gelar pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2016 di Pelataran Eks MTQ Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (27/10).

Kendari, Metropol – Kepolisian Daerah Sultra dibantu TNI siap mengamankan pelaksanaan pilkada Walikota/Wakil Walikota Kendari tahun 2017 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso dalam amanatnya pada gelar pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2016 di Pelataran Eks MTQ Kendari Kamis (27/10). Gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengamankan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017 Walikota/Wakil Walikota Kendari di wilayah hukum Polres Kendari.

Kapolda Sultra mengatakan, apel gelar pasukan yang dilakukan  untuk mengecek dan mengetahui kesiapan personil Polri dalam melakukan pengamanan pilkada Kota Kendari tahun 2017. Selain mengecek kesiapan personil juga dilakukan pengecekan peralatan penunjang operasional pengamanan pilkada,agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Kapolda Sultra mengatakan, selain melibatkan 740 personil Polri untuk melakukan pengamanan pilkada Kota Kendari juga dilibatkan personil TNI serta unsur terkait seperti Satpol PP.

Kata dia, pelaksanaan pilkada harus dimaknai seluruh masyarakat sebagai proses dari sistem politik demokrasi,yang harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan kematangan berfikir serta bertindak dalam menghadapi setiap tahap proses yang berjalan.

Sementara itu, Danrem 143/HO Kolonel Inf. Immanuel Ginting SE kepada Metropol menegaskan,  Korem 143/HO dan jajarannya siap mendukung dan membantu aparat kepolisian untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2017 diseluruh Provinsi Sultra tak terkecuali di Kota Kendari. .

Danrem 143/HO juga mengatakan, Pilkada Walikota Kendari merupakan perwujudan  keikutsertaan seluruh masyarakat Kota Kendari  untuk menyampaikan hak politiknya. “Selain itu, Pilkada ini juga sebagai sarana dan prasarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berdaulat yang lahir dari Pilkada langsung yang merupakan kehendak rakyat,” ujar Kolonel Ginting.

Danrem 143/HO berharap, penyelenggaran Pilkada di Kota Kendari dapat berlangsung dengan aman, jujur, adil dan demokrati karena dengan demikian demokrasi dapat terwujud serta menjadi landasan menuju terwujudnya masyarakat yang makmur dan sejahtera.

“Saya juga memerintahkan kepada seluruh Komandan Satuan agar terus meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi berbagai protes dan ancaman pada saat pelaksanaan Pilkada mendatang,” pungkasnya.

Usai gelar pasukan, juga dilakukaan simulasi pengamanan pilkada.

Nampak hadir dalam gelar pasukan tersebut, Walikota Kota kendari, Danlanud Halu Oleo,  Kapolres Kendari, Dandim 1417/Kendari, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari, Ketua Badan pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Kendari,  Pejabat Utama Polda Sultra serta Para Calon Walikota.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :