Donggala, Metropol – Bertempat dihalaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni. SE yang didamping Kepala Bagian Humas Setda Kab Dong­gala Dudi Utomo Adi. S.STP. M.Si ber­sama para Lansia Kabupaten Donggala menghadiri acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke XX Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong, Selasa, (31/5).

Para peserta Lansia Kabupaten Dong­gala berjumlah 112 orang yang terdiri dari 7 Kecamatan, dan mengikuti beber­apa macam lomba yang diselenggarakan oleh Kabupaten Parigi Moutong yang statusnya sebagai tuan rumah dalam rangka meriahkan Hari Lanjut Usia Nasional Ke XX di tingkat Provinsi Su­lawesi Tengah.

Adapun beberapa kegia­tan lomba yang diikuti oleh para lansia Kab Donggala yakni lomba Kesenian, Tarian Daerah, Busana Adat, parade Puisi, Senam Lansia, dan Seleksi Lasia Teladan yang berumur 70 tahun keatas. Lansia Kab Donggala meraih juara ke 3 di bidang lomba tarian daerah, lomba parade puisi juara IV, lomba peragaan busana adat juara V, lomba senam lansia juara IV, lomba Lagu Mars Lansia juara IV dan lomba Lansia teladan juara I dan 2.

Disela-sela kegiatan itu, Wakil Bupati Donggala menerima piala penghargaan yang serahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sebagai penang juaru 1 lomba Kelompok BKL tingkat Provinsi Sulawesi tengah tahun 2016. Wakil Bupati Donggala mengharapkan untuk kedepan, bahwa kegiatan lomba yang di ikuti oleh para lansia kabupaten Donggala yang akan nantinya diselenggarakan di kabupaten Toli – toil agar supaya bisa meraih prestasi yang lebih tinggi, harapnya.

Ketua Panitia Badrun Nggai dalam laporannya mengatakan, pemerintah saat ini bertujuan untuk melembagai nilai – nilai social masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lanjut usia sebagai pelopor jati diri bangsa dan pemersatu bangsa, terwujudnya dan meningkatnya kesadaran para lanjut usia akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia, dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 20 tingkat Propvinsi Sulawesi Tengah dihadiri berbagai kalangan Lansia dari Kabupaten/Kota yang berjumlah sekitar 1.367 orang.

“Pembiayaan dalam penyelenggaran peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke 20 tahun 2016 ini berumber dari bantuan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Daerah Kab Parigi Moutong, dan SKPD Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Badrun selaku Ketua Panitia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Sodarto, SH, Mhum dalam sam­butannya, mengatakan, melalui Tema Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2016, ‘Bersa­ma Lansia, Dari Lansia, Untuk Lansia, Lanjut usia berperan dalam Pembangunan Nasional’.

Kita kembali di ingatkan bahwa lansia masih merupakan bagian penting dalam Roadmap pembangunan manusia Indonesia dan Sulawesi Tengah pada khususnya. Mengingat populasi penduduk lansia semakin meningkat tiap tahunnya, seiring dengan terus bertambahnya usia harapan hidup manusia,

Oleh karena itu, melalui peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan beberapa pesan, ajakan dan sekaligus harapan khusus­nya kepada Stakeholder sekalian, yaitu pertama: promosikan kesehatan sebagai prioritas utama dalam setiap siklus ke­hidupan, Kedua, ciptakan ramah lansia guna mendorong terwujudnya kesehatan dan partisipasi aktif lansia, Tiga, sediakan layanan kesehatan dan fasilitas public ramah lansia. Empat, tingkatkan peran lansiadalam pembuatan kebijakan publik. Lima, sebarluaskan nilai-nilai kearifan lansia kepada masyarakat terkhususnya terhadap generasi muda agar timbul sikap menghormati, melindungi dan menyanyangi,” kata Wagub Sulteng dalam sambutannya.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Juri yang dibacakan oleh Koordinator Syafrudin Maranua menetapkan sebagai juara umum ber­dasarkan jumlah poin tertinggi yang diraih oleh Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yaitu Kabupaten Parigi Moutong.

(Robby/*)

KOMENTAR
Share berita ini :