Kendari, Metropol – Aparat Kodim 1417/Kendari pada Minggu (13/3) di Konawe mengamankan seorang pemuda karena yang bersangkutan memakai baju kaos bergambar Palu dan Arit .

“Anggota mendapati yang bersangkutan menggunakan baju kaos Palu dan Arit di acara lulo tanpa sengaja,” kata Dandim 1417 Letkol Kav Agus Waluyo, SIP kepada Metropol via selulernya, Senin (14/3).

Pemuda tanggung yang belakangan diketahui bernama Irman tersebut merupakan warga Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe dan pernah bekerja sebagai TKI di Malaysia. Agus mengatakan berdasarkan pengakuan Irman, baju yang dikenakannya pada malam itu diperolehnya di Negeri Jiran. “Dia pernah kerja sebagai TKI di bagian Serawak dan baru kembali bulan Juli tahun lalu,” kata Dandim 1417/Kendari.

Agus menambahkan yang bersangkutan mengaku tidak mengetahui arti Palu dan Arit pada baju kaos yang dipakainya. “Dia hanya lulusan SMP dan tidak pernah berafiliasi dengan organisasi manapun,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Komandan Yonkav-7/Sersus Kodam Jaya itu mengatakan untuk kepentingan penyelidikan pihaknya melakukan penggeledahan di kediaman yang bersangkutan, selain mengamankan Irman beserta barang bukti baju Kaos di Makoramil 1417-02/Wawotobi. “Sudah saya perintahkan anggota untuk menggeledah rumah orang tuanya namun tidak ditemukan satupun dokumen yang mengarah,” terang Agus.

Kini Irman kata dia telah diserahkan kepada pihak Kepolisian untuk proses penyidikan lebih lanjut.

“Biar dari Kepolisian yang mengembangkan apa motifasi yang bersangkutan memakai baju tersebut,” pungkas Agus.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :