Jakarta, Metropol – Secara sah dan meyakinkan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menyodorkan calon tunggal kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rebuplik Indonesia untuk menjadi pimpinan kepoliisian RI kepada Komisaris Jenderal Badrodin Haiti . Bahkan akan menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri di komisi III DPR RI.
Menyoal hal itu, dukungan pun datang dari Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko atas calon Kapolri Badrodin Haiti.

Disela-sela apel pagi jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika, Moeldoko menanyakan pada badrodin mengenai tes uji kelayakan tersebut. Moeldoko menanyakan soal kapan “ujian” Badrodin akan dilaksanakan.

Kata Moeldoko, kapan ujian “kapan? Besok?” tanya Moeldoko sambil tertawa. Badrodin dengan singkat menjawab “besok, besok,” Kata Badrodin.

Setelah menanyakan hal tersebut, Moeldoko langsung menyatakan dukungannya terhadap Badrodin. Dia pun menegaskan TNI mendukung penuh Badrodin Kapolri definitif.

“Panglima TNI dukung penuh, pokoknya dicatat ya, TNI dukung penuh,” kata moeldoko sambil kembali tertawa dengan Badrodin dan para Perwira lainnya.

Moeldoko pun memberikan keyakinan kepada Badrodin bahwa seluruh TNI mendukungnya. “Jika Kepala Staf Angkatan saja mendukung apalagi anggotaTNI,” katanya meyakinkan.

Dukungan yang begitu meyakinkan itu dari Panglima TNI, Badrodin hanya tersenyum dan tidak berkomentar apapun. Namun Badrodin siap menjalani tes uji kelayakan oleh komisi hukum.

Pada itu pula atas dukungan dari TNI, pihak dari komisi III DPR memutuskan atau tidak mekanisme FIT and Proper Test akan diputuskan dalam rapat Pleno.

Menurut ketua komisi III DPR Azis Syamsuddin digedung DPR RI menyatakan, waktu dekat ini akan diadakan Pleno untuk membahas masukan-masukan dari Kompolnas, PPATK dan KPK. Pleno akan membahas apa rangkaian (Fit and Proper Test) nanti akan dilanjutkan atau tidak,” ujarnya.

(Kamal)

KOMENTAR
Share berita ini :