Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi didampingi Kapolres Buton saat mengunjungi Rumah Baca Suku Bajo di Desa Bajo Bahari, Buton.

Buton, Metropol  –  Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi meninjau rumah baca di Desa Bajo Bahari Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Rabu (3/5).

Kepala Penerangan Korem 143/HO Mayor Inf. Azwar Dinata, SH, kepada Metropol membenarkan, kedatangan orang nomor dua di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin di rumah baca tersebut dimaksudkan sebagai bentuk dari apresiasi Kodam XIV/Hasanuddin atas keberhasilan Babinsa dalam menumbuhkembangkan minat baca masyarakat Bajo.

Lanjut Azwar, kunjungan Jenderal Bintang Satu itu merupakan rangkaian kegiatan Kasdam XIV/Hasanuddin untuk menutup pelaksanaan kegiatan TMMD ke 98 Kodim 1413/Buton di Kecamatan Siotapina.

Kasdam XIV Hasanuddin 3
Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi bersama masyarakat setempat di Rumah Baca Suku Bajo.

Dia juga menuturkan, turut mendampingi Kasdam XIV/Hasanuddin dalam kunjungannya adalah Aslog Kasdam XIV/Hasanuddin, Kabekang Kodam XIV/Hasanuddin, Kasrem143/HO, Kapolres Buton, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Asisten III Sekda Kabupaten Buton dan Perwakilan dari dinas pendidikan.

Mantan Kasdim 1417/Kendari itu menambahkan, pendirian Rumah Baca di Desa Bajo Bahari diinisiasi oleh Kopka Sutardi seorang Babinsa yang bertugas di Koramil 1413-02/Pasar Wajo sebagai implemantasi Perintah Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Bersama Bhabinkamtibmas Desa Bajo Bahari Brigadir Almuhalid, Kopka Sutardi berhasil menurunkan angka buta aksara di perkampungan tersebut hingga 45 persen.

Atas partisipasinya membangun SDM di perkampungan nelayan tersebut,  Kopka Sutardi bersama Brigadir Almuhalid mendapatkan kesempatan makan siang bersama dengan Presiden Indonesia Joko Widodo 2 Mei 2017 lalu.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :