Reporter : Harun Suprihat | Editor : Widi Dwiyanto

CILEGON, NEWSMETROPOL.id – Kapolri Tinjau Langsung Kondisi Pelayanan Pemudik Jelang Libur Idul Fitri 2024 di Dermaga 1 Pelabuhan Merak, Senin (01/04/2024).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Menko Polhukam RI Marsekal TNI (P) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, Menko PMK RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Suntana Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim serta pejabat lainnya.

Dalam kesempatanya Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto menjelaskan, peninjauan tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut untuk bergerak sejak dini demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Kami melaksanakan kegiatan ini lebih awal untuk melakukan pengecekan dan perencanaan bersama. Sehingga kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2024 ini bisa lebih baik, karena memang ada peningkatan terhadap jumlah pemudik pada tahun ini,” ujarnya.

Selanjutnya Hadi menjelaskan dari hasil peninjauan didapati segala kesiapan telah dilaksanakan dengan baik.

“Setelah kami lakukan peninjauan kami mendapati segalanya telah dipersiapkan dengan baik mulai dari dermaga, pos keamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu sehingga dapat menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik, demikian juga kami telah mengantisipasi bilamana terjadi Up Normal Condition diantaranya bila terjadi kemacetan kami akan melakukan pengalihan arus ke jalur alternatif, serta mengantisipasi bilamana terjadi penumpukan di dermaga kami telah menyiapkan tempat parkir yang luas,” ujarnya.

Sementara itu Jenderal Listyo Sigit mengatakan, terkait operasional Pelabuhan Ciwandan telah diintruksikan kepada seluruh lintas sektoral serta jajarannya untuk melakukan sosialisasi sejak awal kepada masyarakat.

“Mungkin yang perlu saya sampaikan dan tambahkan yaitu terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang diaktifkan untuk kendaraan roda dua dan enam ini betul-betul disosialisasikan sejak awal. Kemudian personel-personel disiapkan dengan lebih baik. Demikian juga rambu-rambu lalu lintas sehingga masyarakat yang masih belum tahu arah menuju Pelabuhan Ciwandan bisa tahu dan tidak terjadi crowded,” tutur Jenderal Listyo Sigit.

Diakhir Listyo Sigit menyampaikan harapanya terkait pelaksanaan Mudik Lebaran tahun 2024 ini.

“Menurut data dari Kementrian Perhubungan diperkirakan mudik lebaran tahun 2024 ini akan mengalami lonjakan sekitar 65% tentunya kami berharap segala upaya yang telah kami lakukan untuk melancarkan mudik kali ini dapat terlaksana sesuai yang kami harapkan,” tutupnya.

KOMENTAR
Share berita ini :