Reporter : Efan Baitanu | Editor : Widi Dwiyanto

NUSA TENGGARA TIMUR, NEWSMETROPOL.id – Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H., tadi pagi memimpin Apel Pergeseran Pasukan Gabungan TNI-Polri, Operasi Mantab Brata Pemilu 2024 di Halaman Makopolres TTS, Senin (12/02/2024).

Dalam sambutannya, Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP I Gusti Putu Suka Arsa menjelaskan, bahwa dalam rangka mengamankan kegiatan Pemilihan Umum Pemungutan Suara pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang maka perlu dilakukan Apel Pergeseran Pasukan Gabungan TNI-Polri.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan personil yang di siapkan dari TNI-Polri dalam mengamankan jalannya pemungutan suara pada pemilihan umum yang akan datang,” ungkapnya.

Kekuatan personil yang di sispkan sebanyak 500 Personil Gabungan TNI-Polri terdiri dari BKO Polda NTT sebanyak 69 Personil , Sat Brimobda 21 Personil, dan BKO Kodim 1621 Timor Tengah Selatan sebanyak 60 Personil.

Sedangkan untuk Polres sendiri 448 Personil dikerahkan semua dari Makopolres dan Polsek Jajaran di tugaskan ke seluruh pelosok untuk mengamankan jalannya penilihan umum melalui pemungutan suara.

“Selamat datang dan selamat bergabung di Polres Timor Tengah Selatan khususnya anggota BKO dari Polda dan Brimob, untuk segera bergabung dan menyesuaikan diri dalam bergerak untuk mengamankan jalannya pemilihan umum,” paparnya.

Sementara itu secara teknis setelah Apel pergeseran, agar anggota yang melaksanakan tugas Pam TPS langsung mengecek kesiapan di TPS masing-masing dengan melakukan kordinasi dengan anggota KPPS, paling lambat besok sore tanggal 13 Februari 2024 semua perlengkapan sudah harus lengkap di TPS dimana persiapan logistik harus tetap di cek.

“Untuk itu tugas yang di emban TNI-Polri cukup berat dikarenakan padatnya kegiatan pengamanan sehingga anggota harus menpersiapkan kondisi kesehatan dengan baik, gunakan waktu istirahat dengan baik agar tetap kuat dan fit karena kesuksesan pemilu tergantung dari pengamanan dari TNI/Polri di lapangan,” tegasnya.

“Perlu di perhatikan, hal-hal penting seperti Anggota Pam tidak boleh masuk ke TPS kecuali diminta oleh anggota KPPS, tidak boleh melanggar kode etik di TPS, ataupun melakukan pelanggaran yang menyebabkan kasus tercela dan merugikan institusi, maupun pribadi,” tegasnya.

“Anggota Pam tidak boleh mengambil gambar didalam TPS, harus tetap jaga Netralitas TNI-Polri di lapangan, dan jika temukan persoalan yang signifikan di lapangan segera kordinasikan dengan pimpinan secara berjenjang,” pungkasnya.

“Khusus untuk Personil Brimob dan TNI agar mendengar komando dari Kabag Ops sebagai Kasatgas Komando, sedangkan Personil BKO Polda akan berbaur dengan Personil Polres TTS untuk melakukan PAM TPS dan Patroli di Kota SoE dan sekitarnya,” tutup Kapolres Gusti.

Pantauan Wartawan di Halaman Makopolres TTS Senin 12/02/2024 Apel Pergeseran Pasukan OMB Pemilu 2024 di pimpin langsung Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H., di Hadiri PJU Wakapolres Kompol Ibrahim, S.H., Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Perwira Pendamping BKO Polda, Perwira Pendamping Sat Brimob, dan Seluruh Personil Polres TTS. Apel Berlangsung Pukul 08:30 WITA dan berakhir Pukul 09:30 WITA tadi pagi.

KOMENTAR
Share berita ini :