Wakatobi, Metropol – Musim kemarau yang berkepanjangan telah menyebabkan kebakaran hutan di berbagai daerah. Tidak terkecuali di Kelurahan Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kasat Lantas Polres Wakatobi, AKP Gunanto, yang saat itu berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kepada Metropol (25/10) mengatakan kebakaran lahan milik warga ini terjadi pada hari Sabtu (24/10) sekitar pukul 10:15 Wita. “Lahan milik warga yang terbakar ini seluas satu hektar lebih” katanya.

Lebih lanjut kata dia, lahan yang berisi rumput alang-alang membuat kobaran api cepat merambat ke kebun warga setempat hingga akhirnya puluhan masyarakat bersama anggota Polres Wakatobi berusaha memadamkan api.

“Dalam kejadian itu, Kapolres Wakatobi, AKBP JR Manalu langsung turun ke TKP untuk memadamkan kobaran api” ujarnya lagi.

Kata Gunanto, “jauhnya sumber air dan susahnya akses masuk ke TKP yang menyebabkan mobil pemadam kesulitan menembus lokasi kebakaran, namun hal itu tidak membuat aparat dan warga kehilangan semangat. Berbekal peralatan seadanya akhirnya api dapat dipadamkan. ” sekitar satu jam kemudian yakni pukul 11.15 Wita api dapat dipadamkan,” pungkas Gunanto. (Amran).

KOMENTAR
Share berita ini :