Polres Jember menggelar Apel Pasukan di Halaman Mapolres Jember, Sabtu (29/4).

Jember, Metropol – Dalam rangka pengamanan hari buruh 1 Mei 2017 (Mayday) Polres Jember menggelar Apel Pasukan di Halaman Mapolres Jember, Sabtu (29/4).

“Apel gelar pasukan pengamanan Mayday ini sebagai wujud kesiap siagaan Polres Jember dalam pengamanan Hari Buruh, sisi lain kegiatan ini untuk mengetahui secara riil kondisi kesiapan personel, sarana serta prasarana pendukungnya,“ ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH., SIK., MH. saat diwawancarai Metropol usai gelar apel pasukan.

Lanjut Kusworo, tradisi penyampaian pendapat di muka umum (aksi turun jalan) saat peringatan Hari Buruh sudah menjadi tradisi tahunan sebagaimana Undang–Undang No.8 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Pada dasarnya dimaksudkan agar setiap orang dalam mengemukakan pendapatnya dilakukan secara bebas dan bertanggung jawab, selain itu harus mengindahkan hak asasi manusia, peraturan hukum yang berlaku dan wajib menjaga ketertiban umum, dengan demikian norma-norma masyarakat tetap dijunjung tinggi,” ungkapnya lagi.

Kusworo juga menekankan, dalam pengamanan unjuk rasa agar Personil wajib mempedomani Perkap 01 Tahun 2010 dalam penggunaan kekuatan, petugas harus mengedepankan prinsip legalitas (harus sesuai hukum), Nessesitas (penggunaan kekuatan memang perlu diambil) dan Proporsionalitas (dilaksanakan seimbang antara ancaman yang dihadapi dan tindakan POLRI red).

“Kewajiban umum, petugas bertindak dengan penilaiannya sendiri,berdasarkan situasi dan kondisi yang bertujuan menciptakan kamtibmas, dan preventif (mengutamakan pencegahan),” terangnya.

Masih kata Kusworo, Kepolisian Resort Jember sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban di Wilayah Kabupaten Jember telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Jember, Kodim 0824 Jember, DPRD Jember, Serikat Pekerja dan elemen terkait dalam upaya pembahasan langkah-langkah pencegahan aksi buruh yang dapat menggangu stabilitas kamtibmas.

“Apel gelar pasukan ini di ikuti oleh sejumlah pasukan pengamanan yang meliputi 1 SST Kodim 0824, 1 SST Dalmas Sabhara, 1 SST Dalmas Polwan, 1 SSK Dalmas Polsek Jajaran, 1 SST Anggota Satuan Lalu Lintas, 1 SST Anggota Dishub, 1 SST Gabungan Satreskrim/Intelkam dan 1 SST Sat Pol PP Pemkab Jember,” pungkasnya.

(Andik)

KOMENTAR
Share berita ini :