Reporter : Risyaji | Editor : Widi Dwiyanto

JAKARTA, NEWSMETROPOL.id – Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholders) di Pelabuhan Tanjung Priok mengharapkan para wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami) meningkatkan kualitas pemberitaan.

Harapan para stakeholders tersebut mengemuka pada Rapat Kerja Forwami dan Dialog bertema “Memperkuat Sinergi Antara BUP dengan Mitra Kerja dan Pengguna Jasa Pelabuhan Tanjung Priok”, di Gedung PMLI, Ciawi Bogor, Selasa (28/11/2023).

Hadir pada kesempatan itu yang juga menjadi narasumber antara lain Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jakarta Adil Karim, Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DKI Jakarta Suwondo, Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Jakarta Raya (Jaya) Capt Alimudin, Ketua Indonesia Shipping Agency Association (ISAA) Capt Rusdi, Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DKI Jakarta Soedirman, dan Wiwik yang mewakili Klub Logindo.

Ketua DPW DKI ALFI Adil Karim mengatakan, kedepan media yang tergabung dalam Forwami bisa menyampaikan berita-berita yang berimbang dan independen.

“Saya melihat berita–berita yang ada hanya menuliskan tentang semua yang bagus-bagus saja, padahal kita juga membutuhkan berita yang isinya kritikan – kritikan tetapi tentu saja yang sifatnya membangun,” kata Adil Karim.

Sementara Sekertaris Klub Logindo Wiwik Kaltiminasih, berharap kedepan para jurnalis dalam menayangkan pemberitaan harus sesuai fakta dan bisa berkoordinasi atau konfirmasi terlebih dahulu dengan nara sumber sebelum menayangkan berita.

Di sisi lain, Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri menegaskan, pihaknya selalu terbuka menerima kritik dan saran dari pengguna jasa dan mitra kerja pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.

“Terimakasih atas support dan dukungan dari semua pihak, baik dari asosiasi maupun wartawan, khususnya yang tergabung dalam Forum Wartawan Maritim Indonesia,” ujar Adi Sugiri.

Selain menggelar diskusi, Raker Forwami juga menggelar pemilihan pengurus baru untuk masa bakti 2023-2024. Pada pemilihan Ketua yang diikuti 30 anggota Forwami tersebut, Hoddy Sitanggang terpilih menjadi Ketua.

Dalam sambutannya, Hoddy Sitanggang mengharapkan dukungan dari semua anggota Forwami dalam menjalankan program-program kerja.

Menurut sosok yang akrab dipanggil Bang Odi tersebut, pemilihan Ketua Forwami merupakan agenda rutin organisasi sehingga semua pihak bisa bersatu kembali untuk meningkatkan kualitas pemberitaan sebagaimana diharapkan para pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Selamat kepada semua anggota Forwami yang sudah mengikuti kegiatan Raker dari awal sampai akhir, terima kasih kepada para stakeholders Pelindo dan anak usaha serta asosiasi-asosiasi mitra kerja Forwami atas semua kerja samanya. Ke depan kerja sama tersebut akan makin kita tingkatkan,” pungkasnya.

KOMENTAR
Share berita ini :