Jakarta, Metropol – Mabes Polri beberapa hari lalu menyita ratusan lembar narkoba jenis baru CC4 dari tangan salah seorang napi di Lapas Narkotika Cipinang. Masyarakat pun bertanya-tanya apa itu CC4 dan efeknya bila di konsumsi.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Deddy Fauzi El Hakim menjelaskan, narkoba jenis CC4 merupakan istilah jalanan. Adapun nama asli dari narkoba ini ialah brote.

“Narkoba ini dibuat dari C Aphetamin. sehingga dikenal dengan sebutan CC4,” jelas Deddy doi Kantor BNN, Jakarta Timur, Senin 13 April 2015.

Deddy menjelaskan, bagi orang yang mengonsumsi barang tersebut akan merasa kuat dan kekar.

“Efeknya sampai tiga jam. Ssehingga penggunanya akan memiliki tenaga yang kekar luar biasa. Terus bisa membuat hiperaktif. Dampaknya akan semangat berbahaya sekali ketergantungan kita tak bisa melepaskan diri darinya,” jelasnya.

Dia meminta bagi masyarakat yang menemukan CC4 bisa menyerahkannya kepada BNN karena efeknya melebihi narkotika biasa.

“CC4 sangat berbahaya. Tolong media-media disebarluaskan. Kita sama sama bertanggung jawab. Siapa yang menemukan CC4 tolong diserahkan kepada BNN untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Sebelumnya pada Kamis 9 April 2015 Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri bersama petugas lapas meenggeledah Lapas Narkotika Cipinang. Kegiatan ini merupakan pengembangan penangkapan terhadap kaki tangan Freddy Budiman.

Dari dalam lapas petugas berhasil mengamankan 122 lembar CC4 yang berbentuk seperti perangko.

(Deni M)

KOMENTAR
Share berita ini :