Leonardy saat menyerahkan senpi rakitan miliknya kepada Satgas Pamtas Yonif 611/Awl RI – Malaysia di Pos Tembalang SSK III, Senin (1/5).

Nunukan, Metropol – Danyonif 611/Awang Long Letkol Inf. Sigid Hengki Purwanto, Sos mengatakan, pihaknya menerima penyerahan 1 pucuk senpi rakitan dari warga Nunukan.

Dia menyebutkan bahwa, warga yang bernama Leonardy tersebut adalah salah seorang buruh sawit di Desa Bebanas Kecamatan Sebuku Nunukan. Kata Sigid, yang bersangkutan menyerahkan sebuah senpi rakitan jenis penabur kepada Satgas Pamtas Yonif 611/Awl RI – Malaysia di Pos Tembalang SSK III, Senin (1/5).

Sigid pun menceritakan kronologis penyerahan senpi berawal dari 6 orang anggota Pos Tembalang yang dipimpin oleh Sertu Eko P Bangun melaksanakan patroli patok batad pada 17 hongga 23 April lalu.

“Pada saat akan turun untuk berkemah dekat sumber air, rombongan patroli patok bertemu dengan 4 orang masyarakat yang sedang membuat kemah. Selanjutnya, rombongan patroli patok bersama-sama 4 orang itu membuat kemah ditempat yang sama,” ujar Sigid kepada Metropol, Senin (1/5).

Kata Sigid, pada malam hari Komandan Patroli mengajak cerita salah satu masyarakat yaitu Leonardy dan sekalian menanyakan kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh rombongan Leonardy. Dari hasil interaksi tersebut, Danpos Sertu Eko P Bangun mengetahui kegiatan Leonardy cs itu adalah berburu dan juga diketahui menggunakan senjata api.

“Kemudian anggota saya meminta alamat rumah Leonardy dan menitip pesan untuk mengamankan senjata api rakitan jenis Penabur itu di rumahnya,” katanya lagi.

Kata Danyonif, pada tgl 23 April 2017 pukul 14.00 Wita rombongan patroli kembali ke Pos Tembalang dan saat itu melaporkan hasil patroli patok kepada Komandan SSK III tentang adanya masyarakat yang ditemui berburu di hutan menggunakan senjata api rakitan jenis Penabur.

“Keesokan harinya, personel Pos Tembalang melaksanakan anjangsana ke rumah Leonardy sekaligus meminta infomasi kepemilikan senjata api rakitan jenis Penabur yang dimilikinya,” terangnya.

Selanjutnya kata dia, pada Minggu (30/4), empat orang anggota Pos Tembalang kembali melaksanakan anjangsana ke rumah Leonardy dan sekalian memberikan penjelasan tentang hukum kepemilikan senjata api yang berlaku di Negara Indonesia.

“Alhasil pada hari ini Senin tanggal 1 Mei Leonardy menghubungi anggota agar datang ke rumahnya, karena dia ingin menyerahkan senjata apinya,” sebut Sigid.

Dansatgas Pamtas Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, S.Sos menegaskan, saat ini senjata api rakitan jenis Penabur telah diamankan oleh pihaknya di gudang senjata Pos Tembalang.

(Guntur DJ) 

KOMENTAR
Share berita ini :