Jember, Metropol – Wilayah Kec Gumukmas merupakan salah satu penghasil padi sepanjang tahun di Kabupaten Jember, karena suplai air irigasinya selalu lancar meskipun dimusim kemarau.

Namun demikian guna meningkatkan kualitas hasil pertanian, maka perlu adanya perawatan saluran irigasi khususnya untuk pengairan sawah maupun pembuangan sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Dengan tujuan tersebut akhirnya Babinsa Gumukmas Sertu M Suja’i, PPL dan 47 orang anggota Kelompok Tani Sido Makmur sepakat untuk melaksanakan karya bakti pada Selasa 16/12, dengan sasaran saluran irigasi sawah dan saluran pembuangan sepanjang 300 meter yang terletak di Dsn Jatiagung Ds Gumukmas Kec Gumukmas yang berpotensi mengairi 120 Ha lahan Sawah.

Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Muhtar 48 Tahun dalam wawancaranya menyampaikan terima kasih atas perhatian Babinsa bersama rekan-rekan anggota Koramil 0824/20 Gumukmas yang telah membantu pembersihan saluran irigasi ini, dengan pendampingan TNI melalui Babinsa bersama PPL ini benar-benar memberikan motivasi tersendiri bagi kami.

Danramil 0824/20 Gumukmas membenarkan adanya kegiatan tersebut, disamping Babinsanya sendiri anggota lainnya juga saya kerahkan untuk membantu sekaligus sebagai kegiatan karya bakti Koramil untuk merawat dan melancarkan saluran air baik saluran untuk irigasi sawah maupun pembuangannya yang diharapkan dapat berjalan lancar dan meningkatkan produktifitas pertanian dimusim panen yang akan datang.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP saat kami konfirmasi secara terpisah menyampaikan bahwa semua anggota di jajaran telah saya instruksikan untuk lebih giat mendampingi petani, lakukan langkah-langkah dan koordinasikan dengan baik apabila terdapat kendala di lapangan, bantu petani apabila mengalami kesulitan dalam mengelola lahannya, sehingga produktifitas pertanian dapat ditingkatkan dalam rangka menunjang program ketahanan pangan.

(Kamal/Sis24)

KOMENTAR
Share berita ini :