Batu, Metropol – Menggandeng Babinkamtibmas, Kasat Lantas Polres  Batu AKP M. Amin  mengharapkan pengendara sepeda Motor maupun Mobil memiliki kualitas dalam  berkendaraan.

Prosesnya, Babinkamtibmas sejumlah 43 orang diberikan   pelatihan ujian teori  serta  praktek yang disaksikan langsung oleh Kapolres Batu AKBP Windiyanto, SH. “Diharapkan dengan  pelatihan  terhadap  Babinkamtibmas,  masyarakat yang datang ke Polres Batu  untuk mendapatkan SIM, terlebih dahulu melakukan percobaan praktek maupun teori di Polsek terdekat kediaman mereka.

Babinkamtibmas merupakan anggota Polsek yang kesehariannya berada diantara masyarakat,  serta mempunyai kedekatan  dengan  mereka, untuk itu  akan lebih mudah memberikan pemaparan maupun pelatihan,

“Karena dari hasil ujian teori maupun praktek yang diselengggarakan, 99% mereka lulus. Saya yakin para Babinkamtibmas tersebut bisa mengetahui masyarakat yang sudah layak diarahkan Kepolres Batu untuk mengikuti uji teori maupun praktek  guna mendapatkan SIM,” papar Kasat Lantas.

Di lapangan, Pelatihan dibimbing  Baur SIM  Aipda Trimo bersama Anggota Brigadir Gatot dan Brigadir Yudianto. Mmenurut Trimo,  hal yang disampaikan, selain wawasan teori juga praktek  berkendara yang meliputi.  Pertama,  “jarak  20 meter  pengendara harus mengurangi kecepatan menjadi 30 km/jam. Kedua reaksi respon terhadap perintah petugas untuk dilaksanakan, contohnya saat petugas menyuruh pelan dan kemudian mengarahkan belok kanan atau kiri, maka pengendara harus mengikuti. Ketiga Zig zag, keempat U-Turn, yaitu mengikuti perintah untuk berbalik arah dan ke lima membuat angka 8. (Yud/Rin)

KOMENTAR
Share berita ini :