Kapolsek Baruga AKP Tiswan dalam jumpa pers pengungkapan pelaku pencurian spesialis tamu hotel.

Kendari, Metropol – Jajaran Kepolisan Sektor Baruga berhasil membekuk DP alias Oga, seorang maling kambuhan spesialis tamu hotel.

Kapolsek Baruga AKP Tiswan, SH., MH. mengatakan, pihaknya berhasil membekuk tersangka di Bundaran Adipura Lepo-Lepo Kota Kendari, pada Jumat (17/3) lalu.

“Dia mengelak tapi kami memperlihatkan rekaman CCTV sehingga dia tidak berkutik dan mengakui perbuatannya,” ujar Tiswan kepada wartawan di Kantornya, Sabtu (18/3).

Mantan Kasatlantas Polres Kendari ini menceritakan, awal mula kejadian ketika beberapa hari sebelumnya salah seorang resepsionis Hotel Imperial Kendari melaporkan kejadian pencurian kepada pihaknya.

“Kemudian kita bersama-sama Unit Buser Polsek Baruga ke TKP. Setelah sampai di TKP ternyata si TSK telah terekam oleh CCTV,” ujarnya lagi.

Lanjut Tiswan, pihaknya lalu mempelajari rekaman CCTV sehingga dapat mengenali wajah dari pelaku pencurian tersebut. Sehari setelah kejadian di Hotel Imperial, pihaknya kembali menerima laporan tindak pidana pencurian dari resepsionis Wisma Indonesia.

“Jadi kami juga mengambil CCTV dari Wisma Indonesia kemudian kami cocokan dengan rekaman CCTV di Hotel Imperial, ternyata pelakunya adalah sama,” terang Mantan Kasatlantas Polres Muna ini.

Tiswan juga mengatakan, modus operandi yang dilakukan oleh warga Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga itu adalah dengan memanfaatkan kelengahan tamu hotel dan pegawai hotel.

“Modusnya dari pelaku ini  berlagak seakan-akan sebagai tamu hotel. Dia masuk pada saat Waktu Subuh dinihari sekitar pukul 04.00 hingga 05.00,” imbuhnya.

Kata Tiswan, dari tangan tersangka pihaknya berhasil menyita barang bukti beberapa unit Handphone, dokumen dan surat berharga serta pakaian korban dengan taksiran senilai 15 hingga 20 juta rupiah. Dia juga menambahkan DP merupakan salah satu Target Operasi dari Polsek Baruga untuk kasus penganiayaan anak dibawah umur.

Kini atas perbuatannya,  pelaku terancam hukuman tujuh tahun penjara karena melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :