Penulis : Jhon EF | Editor : Widi Dwiyanto

BLITAR, NEWSMETROPOL.id – Sebanyak 11 kotak amal milik 11 masjid dan mushala yang berbeda ditemukan warga berada di area semak-semak di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (22/03/2024).

Kotak amal yang semuanya sudah kosong itu diidentifikasi sebagai milik 11 masjid dan mushala yang berbeda-beda yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar. Bahkan, satu kotak amal diduga milik panti asuhan di Kepanjen, Kabupaten Malang

Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Syamsul Anwar mengatakan, dugaan sementara, kotak amal yang tercecer dipinggir jalan itu merupakan bekas aksi pencurian. Dimana, uangnya sudah diambil dan kotak amalnya sengaja dibuang.

“Selain itu, petugas kepolisian juga sudah melakukan olah TKP termasuk barang bukti langsung di bawa ke Polsek Sananwetan Kota Blitar untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan kasus guna menguak siapa dalang atas insiden tersebut,” ujarnya kepada media, Senin (26/03/2024).

Menurut Iptu Syamsul, berdasarkan keterangan petugas, belasan kotak amal Masjid ataupun Musala yang dibuang ini bukan hanya dari Kota Blitar saja tetapi dari Kabupaten Blitar. Petugas kepolisian terus menggali informasi termasuk pemeriksaan saksi-saksi.

“Semoga kasus ini segera terungkap, dan pelaku bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya. Karena, aksi itu tidak baik dan tak pantas lebih baik bekerja secara halal daripada mencuri benda/barang bukan miliknya apalagi kotal amal tempat ibadah,” imbuhnya.

Iptu Syamsul menambahkan, atas kejadian ini, pihaknya mewanti-wanti seluruh pengurus Masjid dan Musala di wilayah hukum Polres Blitar Kota agar lebih berhati-hati. Disarankan, sebelum meninggalkan rumah ibadah pintu maupun jendela dikunci ganda atau kalau perlu diberikan CCTV.

KOMENTAR
Share berita ini :