Penulis.: Sayaripudin Uwa Endin : Edifor : Febry Ferdyan

LEBAK, newsmetropol.id – Di pemusim hujan ini tidak hanya banjir yang melanda, tetapi bencana longsorpun terjadi dimana-mana. Diketahui bahwa belum lama ini sebanyak 11 Kepala Keluarga (KK) diungsikan akibat lonsor yang terjadi di Kampung Cikotok Bawah, Desa Cikotok, Kecamatan Ciebeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dan hari ini Selasa (21/12/2021), terjadi longsor di jalan menuju Kampung Sawah Bayah.

Asep pekerja kontaraktor di lapangan penanganan longsor menjelaskan, bahwa penanganan longsor akan disegerakan dengan memaasang turap rucuk terlebih dahalu sebagai antisipasi terjadi longsor susulan.

“Maka kami utamakan dahulu pemasangan turap rucuk, selanjutnya jika cuaca memungkinkan kami akan pasang beronjong untuk menahan tanah longsor tersebut,” tandas Asep.

Hal senada juga dikatakan Dede, bahwa sementara ini pekerjakan dilakukan dahulu warga sekitar untuk mengangkat matrial longsoran yang menimpa jalan agar pengguna jalan tidak merasa terganggu dengan adanya longsor tersebut.

“Kami juga akan secepatnya melakukan pemasangan rucuk kayu dahulu utuk menahan tanah yang turun,” tutup Dede.

Pengguna jalan yang enggan disebut namanya memgatkan, dirinya sebagai orang Kampung Sawah yang sehari-hari melintasi jalan ini, tadinya sangat kecewa terhadap PT. Cemindo Gemilang karena sekitaran jalan ini kawasan perusahaan, namun setelah mendapat keterangan dari pelaksana kontraktor SUTT PLN bahwa bukan menjadi tanggung jawab PT. Cemindo Gemilang.

“Pihak Cemindo itu hanya menghibahkan tanah kepada pihak PLN untuk pembuatan SUTT. Nah, makanya saya berhatap kepada pihak PLN segera tangani longsor ini. Kami dari pengguna jalan ini berharap secepatnya diperbaiki dan membuat nyaman untuk berlalulalang,” tutupnya.

Terpisah, Rama Manager SUTT setelah dikonfirmasi melalui Whatsaap membenarkan, bahwa benar telah terjadi longsor di jalan menuju Kampung Sawah Bayah.

“Sudah saya perintahkan kepada anak buah saya untuk segera tangani secepatnya, terutama dapat mengangkat matrial longsoran yang terkena jalan agar pengguna jalan aman,” katanya.

Lanjut Rama, bahwa langkah selanjutnya untuk pemasangan turap rucuk kayu disegerakan agar matrial longsoran tertahan.

“Innsha allah dalam waktu dekat ini saya juga meluncur ke lokasi,untuk sekalian musyawah dengan CSR Cemindo dan pihak PLN pusat,” tutup Rama.

KOMENTAR
Share berita ini :