Deprecated: Fungsi is_staging_site tidak berlaku lagi sejak versi 3.3.0! Gunakan in_safe_mode sebagai penggantinya. in /home3/news2652/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
PERPPU Ormas Guna Stabilitas Nasional - News Metropol
Deprecated: Fungsi is_staging_site tidak berlaku lagi sejak versi 3.3.0! Gunakan in_safe_mode sebagai penggantinya. in /home3/news2652/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078

Deprecated: strpos(): Passing null to parameter #1 ($haystack) of type string is deprecated in /home3/news2652/public_html/wp-content/plugins/latest-posts-block-lite/src/fonts.php on line 50

Diskusi public “PERPPU Nomor 2 tahun 2017 dan upaya membangun soladaritas berbangsa”, di Wisma Mas Isman, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Jakarta, Metropol – Tahun 2017 ini pemerintah telah mengeluarkan PERPPU Nomor 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas).

PERPPU ini dimaksudkan sebagai koreksi atas undang undang Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan dengan menekankan pada upaya membangun koridor tanggung jawab setiap ormas, untuk senantiasa menjaga dan memelihara ketertiban, ketentraman serta kesatuan dan persatuan bangsa, dengan tidak mengusung nilai nilai yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan keutuhan NKRI.

Untuk itu, PERPPU ini juga mengatur sanksi-sanksi bagi ormas yang melanggar ketentuan tersebut yaitu sanksi pembubaran ataupun tuntutan pada para tokohnya.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum Kosgoro Hayono Isman, kepada awak media mengatakan, Kosgoro mendukung adanya PERPPU, asalkan pemerintah melakukan kordinasi dan mediasi serta transparansi terkait peraturan PERPPU ormas yang berlaku.

“Saya kira ini sudah proses pengadilan dan saya sudah melakukan sosialisasi kepada ormas ormas lainya dan seluruh stakeholder atas terbitnya PERPPU ormas, atau PERPPU nomor 2 tahun 2017. Yang jelas saya dukung pemerintah,” tegas mantan Menpora di era Orde Baru itu, pada diskusi public yang digelar Forum Kajian Kosgoro, di Wisma Mas Isman, Jakarta, Rabu (30/8).

Sebagaiamana diketahui, terbitnya PERPPU tentang keormasan telah menimbulkan reaksi yang beragam di kalangan masyarakat, baik pro maupun kontra.

Reaksi menentang PERPPU ini antara lain didasari atas aturan yang menyatakan bahwa pencabutan hak dan kewajiban badan hukum lain harus melalui proses peradilan sesuai UU yayasan atau pembubaran partai politik harus melalui keputusan Mahkamah Konstitusi.

Namun tidak sedikit juga kelompok kelompok masyarakat yang mendukung terbitnya PERPPU ormas tersebut.

Menurut kelompok yang pro PERPPU, harus ada ketegasan dalam peraturan pemerintah setingkat UU yang mengatur secara ketat eksistensi suatu organisasi kemasyarakatan. Apalagi jika dalam aktifitasnya menimbulkan gejolak terkait kehidupan berbangsa dan bernegara.

(Barly)

KOMENTAR
Share berita ini :