Blitar, Metropol. – Peringatan ke-70 hari lahirnya Pancasila yang dilaksanakan di alun-alun Kota Blitar berlangsung sangat khidmat. Agenda ini teasa sangat istimewa, karena dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta para menterinya.

Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain Jokowi juga turut hadir beberapa pejabat Menteri Indonesia Hebat. Antara lain Menko Bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Ketua MPR Zulkilfi Hasan, serta pejabat lainnya. Juga hadir mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, serta mantan Wakil Presiden Budiono. Tak ketinggalan Walikota Blitar Samanhudi Anwar dan sejumlah Kepala daerah juga hadir dalam momen bersejarah itu.

Presiden Jokowi menegaskan, Pancasila merupakan dasar Negara. Dimana budaya bangsa Indonesia terkristalisasi didalamnya. “Sehingga butuh perjuangan yang tidak mudah dan perlu perjalanan yang mendaki untuk membumikan Pancasila menjadi sebuah kenyataan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pentingnya Pancasila buat Negara ini, sudah menjadi tugas kita bersama untuk berjuang membumikan Pancasila. Dan ini bukan hanya tugas Pemerintah, tetapi semua rakyat Indonesia,” jelas Jokowi dalam sambutannya.

Dalam perjuangan itu, memerluakan dua hal, ucap Jokowi. Yakni persatuan Indonesia, karena negar ini bukan milik perseorangan. Tapi milik semua rakyat Indonesia dalam kesatuan NKRI. Kedua tentulah butuh keberanian untuk membangun, dan menjebol suatu bangunan lama. Di mana pastilah tetap adanya mentalitas colonial, mental feudal, makanya butuh satu kata yakni keberanian untuk berubah, hingga tercapai bangsa yang baru yang merdeka 100 persen, ujarnya.

Sementara itu mewakili aspirasi keluarga Bung Karno Puan Maharani ikut tampil dan menyuarakan arti penting hari lahirnya Pancasila. Dia menegaskan agar 1 Juni dijadikan hari bersejarah yang seharusnya menjadi hari libur nasionaldan disejajarkan dengan hari-hari bersejarah lainnya.

Paska upacara digelar, dilanjutkan dengan pawai kirab kirab Gunungan Lima. Kirab dimulai dari Alun-alun hingga makam Bung Karno. Presiden dan pejabat lainnya juga menggelar acara nyekar setelah itu digelar syukuran bersama. Sementara Presiden Jokowi menyempatkan membagikan kartu Indonesia sehat dan Indonesia pintar kepada puluhan warga dan pelajar dilapangan Kelurahan Bendogerit, sananwetan.

(IP)

KOMENTAR
Share berita ini :