Reporter : Sudirman A.Z | Editor : Widi Dwiyanto

JAKARTA, NEWSMETROPOL.id – Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) secara komprehensip merupakan prioritas nasional yang lokasinya bersinergi dengan Desa Bersinar (Bersih Narkoba). Tentunya ini menjadi tantangan untuk pembanding di tahun sebelumnya sejauh mana efektifitas implementasinya ketika unit IBM digabung dengan Desa Bersinar. Hal ini menjadi salah satu target evaluasi untuk bahan laporan dan juga penetapan kebijakan di tahun 2024.

Menyikapi hal tersebut, Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLRKM) Deputi Bidang Rehabilitasi BNN RI mengadakan kegiatan evaluasi operasionalisasi unit IBM di Hotel Swissbell, Jakarta, Kamis (07/12/2023).

Seperti yang dilansir dari media BNN RI bahwa kegiatan yang diikuti secara luring dan daring tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 34 BNN Provinsi dan 173 BNN Kabupaten/Kota.

Deputi Rehabilitasi BNN RI, Dra. Riza Sarasvita, M.Si., MHS., Ph.D., mengatakan, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana unit IBM yang sudah dibentuk berjalan sesuai tahapannya.

Perlu diketahui bahwa capaian tahapan atau fase perkembangan unit IBM pada tahun 2023 berdasarkan hasil supervisi pada bulan oktober-november, yaitu pra fase sebanyak 21 unit, rintisan sebanyak 54 unit, tumbuh sebanyak 90 unit, berkembang sebanyak 163 unit, tangguh sebanyak 135 unit dan prima 0 unit.

“Sekarang ini belum ada wilayah yang memiliki tahap prima karena baru dibentuk. Selain itu, untuk mencapai tahapan ini diperlukan berbagai faktor pendukung yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Sementata itu, Direktur PLRKM, dr. Amrita Devi, Sp.K.J., M.Si. mengatakan bahwa pada tahun 2023 telah terbentuk unit IBM sebanyak 414 unit IBM dan 6 unit IBM yang berasal dari hibah Pemerintah Daerah setempat.

“Artinya setiap 34 BNNP dan 173 BNNK telah membentuk 2 unit IBM,” katanya.

Namun begitu BNN RI tetap mengoptimalisasi unit IBM yang sudah dibentuk pada tahun sebelumnya. Jadi bukan hanya pembentukan unit IBM baru tetapi juga mensupport 43 unit IBM yang telah dibentuk pada tahun sebelumnya. Dengan demikian total unit IBM yang sudah dibentuk BNN pada akhir tahun 2023 berjumlah 463 unit IBM.

KOMENTAR
Share berita ini :