Jakarta, Metropol – Upacara Pembukaan TMMD Reguler Ke- 95 resmi dibuka oleh Kepala Staf Komando Armada Barat TNI AL bersama Korem 052/Wijayakrama Kodam Jaya/Jayakarta dan Kodim 0502 Jakarta Utara dan siap membantu pembangunan fisik dan non-fisik di Jakarta Utara melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Staf Komando Armada Barat TNI AL Laksamana Pertama TNI Amarullah Octavian selaku Inspektur Upacara dalam upacara pembukaan TMMD ke-95 di Stadion Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Kamis (8/10).

Kepala Staf Armabar dalam sambutannya mengatakan, Program TMMD adalah program lintas sektoral yang diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat. Secara substansial, TMMD merupakan tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan.

“Justru karena itulah, peran dan kerjasama yang erat dari semua stakeholder, baik Kementerian, lembaga pemerintah non Kementerian, Pemerintah Daerah BUMN/ BUMD, Swasta yang didukung partisipasi aktif dari Masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD,”ujar Kas Armabar Amrullah.

Di tempat yang sama Amrullah mengatakan, bahwa Program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Letkol Arm Stefie Jantje Nuhujanan memaparkan, Kodim 0502 siap membantu Pemkot Jakarta Utara bersama Polrestro Jakarta Utara untuk bahu-membahu melangsungkan TMMD di Jakarta Utara yang akan berlangsung dari tanggal 8-30 Oktober 2015.

“Kita sepakat untuk mempercepat pembangunan kota melalui pembangunan fisik dan non-fisik untuk mensejahterakan masyarakat. Untuk yang sifatnya fisik, kita ada peninggian jalan dan perbaikan sarana dan fasilitas umum di empat lokasi,” kata Letkol Arm Stefie.

Pembangunan fisik yang dimaksud tersebut meliputi peninggian jalan dan betonisasi Jl. Kramat Jaya di RT 07. RW 14, Komplek Deperla, Kelurahan Tugu Utara, Koja. Perbaikan kantor RW 16 di Jl. Terusan Bandengan Soka, RT 13, RW 16, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan. Peninggian jalan dan betonisasi Jl. Warakas VII, Gang A, RT 15, RW 02, Kelurahan Warakas, Tanjungpriok. Serta penyelesaian pembangunan Masjid Baitul Jannah di Kampung Rawa Sengon, RT 08, RW 22, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading.

“Untuk kegiatan non-fisik akan dilakukan tersebar di enam kecamatan di Jakarta Utara dengan program sosialisasi mengenai kerukukan umat beragama, hukum dan HAM, bela negara, bahaya narkoba, kesehatan, bahaya terorisme dan radikalisme dan berbagai persoalan lainnya,” jelas Letkol Stefie.

Untuk diketahui, Komando Satgas TMMD ke-95 ini terdiri dari 13 orang personil Kodim 0502 Jakarta Utara dan dua dari Pemkot Jakarta Utara. Sementara untuk tim pembangunan fisik terdiri dari 90 personil Batalyon Arhanudse 6/Bhaladika Akasa Yudha (Rangkok) Kodam Jaya/Jayakarta, 10 personil Denzipur 3 Kodam Jaya/Jayakarta, 10 personil Komando Armada Barat TNI AL dan 10 personil TNI AU dari Lanud Halim Perdana Kusuma.

Untuk kegiatan Program TMMD tersebut mengangkat tema; Dengan semangat kemanunggalan TNI – Polri Kementerian / LPNK, Pemerintah daerah dan seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita laksanakan percepatan pembagunan melalui program TNI manunggal membangun desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

TMMD kali ini dilaksanakan serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia, Program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan Serbuan Teritorial dengan melalui GEMA SANG JUARA, yaitu Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban untuk Keluarga Indonesia agar desa yang Menjadi sasaran TMMD di wujudkan menjadi KATA JAGA, Kampung Total Jamban Keluarga, sehingga TNI dapat selalu mencintai dan dicintai oleh rakyat.

Rangkaian kegiatan setelah upacara pembukaan, Kas armabar didampingi Danrem 052/Wkr Kolonel Kav M. Zamroni dan Walikota Jakarta Utara serta Dandim 0502/Jakarta Utara melaksanakan peninjauan ke tempat kegiatan pengobatan umum,Baksos dan bazaar.

Hadir dalam pembukaan TMMD ke-95 RegulerTahun 2015 kali ini para Asisten Kasdam Jaya, Asisten Pangarmabar, Kapolres, Kasrem 052/Wkr, para Dandim jajaran Korem 052/Wkr, Para Dan/Ka satuan militer di wilayah Korem 052/Wkr, perwakilan dari anggota DPRD serta para Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda dan sejumlah ormas dan Pelajar. (Kamal)

KOMENTAR
Share berita ini :