Kapolres Luwu Timur AKBP Rio Indra Lesmana, SH SIK

Luwu Timur, Metropol – Keberhasilan Polres Luwu Timur dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam mengawal pesta demokrasi mendapat apresiasi dari masyarakat Luwu Timur.

Walaupun baru sekitar setahun menjabat sebagai Kapolres di Bumi Batara Guru, namun sosok perwira yang satu ini di kenal sangat familiar dan mudah akrab dengan siapa saja. Namun demikian jabatan yang di sandangnya menjadi amanah tersendiri baginya untuk tetap mengedepankan penegakan supermasi hukum.

Ditemui di ruang kerjanya baru baru ini, AKBP Rio Indra Lesmana, SH SIK, secara lugas memaparkan, bahwa keberhasilan dalam pengawalan pesta demokrasi di Luwu Timur bukan keberhasilannya sendiri, melainkan keberhasilan jajaran Kepolisian Luwu Timur dan kerja sama yang baik dari semua intansi.

“Tugas Polisi itu kan harus melindungi dan mengayomi masyarakat, jadi setiap saat harus sigap untuk mengantisipasi Hal-hal yang dapat membahayakan masyarakat dan negara. Jadi Masalah Kamtibmas harus lebih prioritas dong,” imbuhnya sambil bercanda.

Namun demikian, terlepas dari fungsi dan peran polisi dalam menjamin kepastian hukum di negara ini, AKBP Rio Indra Lesmana juga memprogramkan pembinaan internal kepada suluruh jajarannya di Polres Luwu Timur.

Pembinaan internal yang di maksud adalah pemberian sanksi terhadap anggotanya yang melakukan pelanggaran baik disiplin maupun tindakan lainnya yang bertentangan perundang undangan. Sanksi yang diterapkan berupa, pemecatan, mutasi serta hukuman lainnya, sebagai efek jera agar integritas dan jati diri Kepolisian tetap tegak dimata masyarakat.

Sedangkan program prioritas yang dicanangkan Polres Luwu Timur, beserta seluruh jajarannya adalah terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) mulai dari Kabupaten, Kecamatan hingga ke pelosok desa/kelurahan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kapolres, merangkul Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB), Tokoh pemuda, serta elemen masyarakat lainnya bahu membahu menciptakan keamanan diwilayah masing masing agar tetap kondusif.

Disisi lain, program penegakan supermasi hukum juga terus digulirkan untuk meminimalisir kasus-kasus yang menjadi atensi seperti ilegal logging, perjudian, narkoba serta sejumlah pelanggaran-pelanggaran tindak pidana.

Kapolres luwu timur dengan tegas mengingatkan bahwa seluruh kasus atensi tersebut, jika telah bergulir dan berproses tidak akan ditangguhkan.

Dilokasi berbeda tim Metropol Luwu Timur, Adi Saputro Sanadjaya berhasil mewancarai Direktur Eksekutif LSM Savana Lu Tim, Ir. Kurdin menyatakan, “keberhasilan tersebut tak lepas berkat kordinasi yang baik Polres Luwu Timur dengan seluruh unsur dan elemen masyarakat, dan kami menghimbau agar kiranya masyarakat Luwu Timur harus lebih proaktif lagi menyampaiakan Informasi-informasi apabila mengetahui ada Hal-hal yang dicurigai mengarah ke tindakan pidana,” ujar Rio Indra Lesmana.

Senada dengan itu, Ketua Pemuda Tarengge (GEMA Lutim) Astan Yusuf berharap agar suasana kondusif harus tetap terjaga di Bumi Batara Guru ini, apalagi masyarakat Luwu Timur tidak lama lagi akan menghadapi pesta demokrasi Pemilukada Kabupaten Luwu Timur. (Andi Ade SN)

KOMENTAR
Share berita ini :