Reporter : Jamal Hengki | Editor : Widi Dwiyanto

MAKASSAR, NEWSMETROPOL.id – Sebanyak 500-an Pejabat dan Pimpinan Satker di jajaran kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan mulai dari Kepala Bidang, Pembimas, Kakankemenag Kab/Kota, Para Ketua Tim, Para Kepala Seksi, Kepala KUA serta Para Kepala Madrasah memadati Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Jenderal Soedirman, Kota Makassar, Jum’at (02/02/2024).

Kedatangan mereka di rumah jabatan orang nomor satu di Sulsel ini untuk tatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan dua orang pejabat di Provinsi Sulawesi Selatan yakni PJ. Gubernur Dr. Andi Bahtiar Baharuddin, M.Si., dan Kapolda Sulsel Irjen Pol, Andi Rian R. Djajadi, S.I.K., MH.

H. Ali Yafid selaku Plt. Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel dalam laporannya menghaturkan terimakasih kepada Pj. Gubernur dan Kapolda Sulsel yang telah bersedia bersilaturahmi dengan warga Kementerian Agama Sulsel di awal tahun, semoga ini pertanda baik bagi Sulsel, khususnya bagi keberlanjutan koordinasi dan sinergitas yang selama ini sudah terjalin baik.

“Terimakasih Puang dan Jenderal, hari ini sudah berkenan bertatap muka dengan warga Kementerian Agama Sulsel di tanggal cantik, tanggal 2 bulan 2 tahun 2024,” ucap Ali Yafid.

“Warga Kementerian Agama Sulsel yang terdiri dari ASN dan Honorernya saat ini berjumlah sekitar 50 ribuan orang, yang berkomitmen untuk mengawal dan mensukseskan program dan Legacy prioritas Kementerian Agama khususnya di Provinsi yang dijuluki pintu Gerbang Indonesia Timur ini,” lanjut Plt. Kakanwil.

Atas Komitmen dan kerja keras tersebut, Plt Kakanwil menambahkan, bahwa Kemeterian Agama Sulsel berhasil mengukir prestasi mutakhir di akhir tahun 2023 yakni meneguhkan dirinya sebagai Satker Kementerian Agama dengan Serapan Anggaran Tertinggi di Indonesia.

Tak berhenti sampai disitu, Kemenag Sulsel juga berhasil membukukan Indeks Kerukunan Umat Beragama Prov. Sulsel yakni 76,1 Poin, dan berada diatas angka rata-rata Nasional.

“Capaian prestasi tersebut, atas Kerjasama dan sinergi kita semua dengan seluruh stake holder di Sulsel,” ungkap Ali Yafid.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi yang yang dating dengan membawa serta sejumlah Perwira Tinggi di Lingkup Polda Sulsel menyampaikan kebanggaannya bisa berada di tengah-tengah warga Kementerian Agama Sulsel.

“Saya ini baru hampir 2 bulan bertugas sebagai Kapolda, dan Selama 32 tahun bertugas di Kepolisian, baru kali ini ditugaskan di tanah kelahiran sendiri, saya optimis bisa sukses menjalankan tugas selama di Sulsel, apalagi dibackup oleh warga Kementerian Agama,” ujarnya disambut Aplaus.

Kapolda Kelahiran Kota Makassar mengajak warga Kementerian Agama Sulsel untuk memperkuat semangat moderasi di tengah masyarakat, agar tercipta kondusifitas di tengah umat.

“Mari saling melengkapi dalam menjaga dan menciptakan kondisi Kamtibmas secara bersama-sama di Sulsel, khususnya warga Kementerian Agama Sulsel. Saya berpesan, agar menjalin komunikasi, koordinasi dan sinergi dengan jajaran Kepolisian di wilayah kerjanya,” ungkapnya.

“Saya sudah perintahkan Kapolres dan Kapolsek beserta jajarannya untuk senantiasa berkolaborasi dan bersinergi dengan jajaran Kementerian Agama dalam semangat kebersamaan menciptakan kondisi kamtibmas, utamanya menjaga dan mesukseskan momentum 5 Tahunan di negara kita yakni Pemilihan Umum, agar berlangsung sukses, aman dan damai,” harap Kapolda.

Sementara Pj. Gubernur Sulsel Andi Bahtiar Baharuddin mengawali sambutannya dengan menyebut betapa pentingnya fungsi dan peran Kementerian Agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bahkan beliau mengatakan, bahwa kalau Kementerian Agama tidak ada, maka Republik Indonesia ini tidak lengkap.

“Sampai saat ini, Kementerian Agama merupakan perangkat organisasi negara yang memiliki jumlah Satker terbesar di Indonesia bahkan mungkin di dunia dan akhirat. Karenanya, saya berterima kasih dan mengapresiasi seluruh warga Kementerian Agama yang telah bekerja keras merawat kerukunan dan keberagamaan antar umat beragama di Sulsel,” papar Pj. Gubernur.

Ia berharap Kemenag Sulsel bisa menpertahankan bahkan terus meningkatkan capaian indeks kerukunan umat beragama Sulsel, dengan program dan kegiatannya.

Pj. Gubernur juga berharap agar Kementerian Agama selaku pembina di bidang keagamaan bisa membantu pemerintah dan seluruh stake holder di Sulsel dalam mendorong dan meningkatkan roda ekonomi masyarakt di daerahnya melalui pendekatan keagamaan.

Diakhir Sambutannya, Andi Bahtiar Baharuddin meminta partisipasi aktif warga Kemenag Sulsel agar bisa mendorong partisipasi aktif masyarakat khususnya umat beragama agar menggunakan hak pilihnya di TPS pada tanggal 14 februari 2024 nanti.

Pj. Gubernur Kelahiran Kabupaten Bone ini mengingatkan, bahwa pada Tanggal 12 Februari 2024, Forkopimda Sulsel Bersama Kementerian Agama dan seluruh stake holder akan menggelar Zikir dan Do’a bersama secara serentak untuk tingkat Provinsi.

Akan dipusatkan di Masjid 99 Kubah Makassar dalam rangka bermunajat kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar penyelenggaraan Pemilu berlangsung sukses, aman dan damai.

KOMENTAR
Share berita ini :