Reporter : Harun Suprihat | Editor : Widi Dwiyanto

SERANG KOTA, NEWSMETROPOL.id – Polresta Serang Kota gelar apel pergeseran pasukan PAM TPS Pemilu 2024 guna memantapkan kesiapsiagaan seluruh personel, Sabtu (10/02/2024).

Kegiatan dipimpin Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Sofwan Hermanto dan dihadiri Pamatwil Polda Banten Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Lengganek, Kabidkeu Polda Banyen Kombes Pol Retno, para Kapolsek jajaran Polresta Serang Kota.

Kapolresta Serang Kota mengatakan kegiatan ini sebagai implementasi dan pengecekan akhir dalam sukseskan Pemilu tahun 2024.

“Apel pergeseran pasukan ini memiliki makna yang strategis yaitu sebagai implementasi tahapan manajemen operasi dan sebagai sarana untuk melakukan pengecekan akhir serta memantapkan kesiapsiagaan seluruh personel, baik personel organik maupun personel di bawah kendali operasi Polda Banten, sehingga diharapkan dapat menunaikan tugas pokok dan peranan Polri secara optimal guna mengamankan dan sukseskan Pemilu tahun 2024 di daerah hukum Polresta Serang Kota,” katanya.

Sofwan menjelaskan tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan fase yang sangat penting saat pelaksanaan Pemilu.

“Untuk kita pahami bersama, bahwa tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan fase yang sangat penting dan krusial dalam proses Pemilu, dalam tahapan ini kita akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024 dan menimbulkan kerawanan Kamtibmas,” jelasnya.

“Dalam melakukan upaya mengamankan tahapan pemungutan suara akan dilakukan penghelatan 558 personel BKO Polda beserta personel Polresta Serang Kota, serta sebanyak 5.878 personel Linmas yang akan ditugaskan pada 2.939 tempat pemungutan suara,” ungkapny.

Selain itu Sofwan menambahkan, bahwa dalam mengantisipasi situasi kontijensi, Polresta Serang Kota juga menyiagakan kekuatan sebanyak 100 personel Satbrimob Polda Banten yang bersiaga di Mako Polresta Serang Kota.

“Saya berharap seluruh personel mampu memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggara Pemilu, satuan TNI, masyarakat dan mitra kemananan lainnya agar pesta demokrasi Pemilu 2024 di Banyen dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis,” harap Sofwan.

Beberapa arahan yang disana pasukan Kapolresta Serang Kota untuk dipedomani dan dilaksanakan :

1. Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi;

2. Petakan setiap potensi kerawanan pada setiap tempat pemungutan suara serta lakukan deteksi dini;

3. Perkokoh kerja sama yang harmonis;

4. Tetap jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis;

5. Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen Pemilu 2024;

6. Lakukan Penegakkan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilu secara terpadu;

7. Bagi personel BKO Polda Banten segera lakukan penyesuaian diri, lakukan orientasi lapangan;

8. Bagi para Kasatker dan para Kapolsek jajaran berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat.

Pamatwil Polresta Serang Kota Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana berharap kepada seluruh personel untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kepada seluruh personel diharapkan menjaga kesehatan, melaporkan kepada pimpinan jika mendapatkan indikasi pihak-pihak yang ingin mengacaukan pelaksanaan Pemilu 2024,” harap Dwita.

Dwita menjelaskan, bahwa Polri harus mengamankan Pemilu 2024 secara optimal, aabila mendengar isu dan informasi wajid segera melaporkan.

“Melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan TNI dan unsur terkait dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 dan melaksanakan monitor penempatan logistik maupun distribusi pengamanan logistik,” tutupnya.

KOMENTAR
Share berita ini :