Reporter : Jamal Hengki | Editor : Widi Dwiyanto

MAKASSAR, NEWSMETROPOL.id – Puncak pelaksanaan Pemilu sisa seminggu lagi, sejumlah upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel dalam rangka memaksimalkan partisipasi pemilih, termasuk dengan menggalang sinergi dengan seluruh Stake Holder dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Demikian disampaikan Ketua KPU Sulsel Hasbullah saat menemui Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel H. Ali Yafid di ruang kerja Kakanwil, Rabu (07/02/2024).

“Kami ditugaskan oleh KPU Pusat untuk berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder dalam rangka membantu menyukseskan pemilu 2024, termasuk Kanwil Kemenag Sulsel dan jajarannya,” ucap Hasbullah

Kehadiran Ketua KPU Sulsel ini didampingi oleh dua Komisioner KPU yakni Hasruddin Husain Koord, Devisi Sosdikli dan Partisipasi Masyarakat dan Upi Hastati Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan serta Rahmat Hidayat Humas KPU Sulsel beserta sejumlah Staf.

Sementara dari pihak Kanwil Kemenag Sulsel, Tampak Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Muh. Tonang, Kabid PD. Pontren H. Mulyadi, Pembimas Buddha Pandit Aman Vijaya, Pembimas Kristen Marlin Naray serta Ketua Tim Humas, Data dan Informasi kanwil Mawardi Siradj.

Menurut Hasbullah, KPU sebagai penyelenggara Pemilu punya tanggung jawab dalam menyukseskan pemilu damai, adil dan bermartabat.

“Kami yakin Kemenagpun juga memiliki komitmen yang sama, karenanya kami berharap, di sisa 7 hari sebelum memasuki masa Pencoblosan di tgl 14 Februari 2024, kami berharap bisa bekerja sama dalam mewujudkan hal tersebut,” ujar Ketua KPU Sulsel ini.

“Masih ada beberapa hari sebelum pelaksanaan pemilu, kami sangat berharap partisipasi dan support Kemenag Sulsel beserta jajarannya yang memiliki struktur dan jaringan umat beragama sampai level terbawah untuk menggerakkan para potensi lintas Agama dalam memberikan pencerahan dalam momentum keagamaan seperti Khotbah jumat, ibadah minggu dan sebagainya,” ujarnya.

“Melalui mimbar mimbar keagamaan, Kemenag bersama seluruh jajarannya bisa membantu kami memberikan pencerahan dan pemahaman terkait Netralitas ASN, Bahaya Politik Uang, serta Sosialisasi kesusksesan Penyelenggaraan Pemilu melalui partisipasi politik para pemilih,” jelasnya.

“Termasuk juga mengimbau agar seluruh umat beragama yang memiliki hak pilih agar menggunakan haknya pada tanggal 14 Februari 2024 di TPS, termasuk juga bagaimana mengimbau umat agar menghindari berita HOAX dan penyebarannya,” harap Hasbullah.

Plt. Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Ali Yafid menyambut baik kedatangan dan ajakan KPU Sulsel terkait imbauan mensukseskan Pemilu serta berkomitmen akan mengimbau semua potensi di jajarannya untuk melaksanakan sesegera mungkin.

Ali Yafid membeberkan potensi SDM yang ada di Kemenag, seperti Pembimas Lintas Agama, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama akan membantu kesuksesan Pemilu dengan pendekatan pesan pesan keagamaan kepada umat.

“Kami akan tindaklanjuti dengan memberikan instruksi dan Imbauan ke jajaran Kemenag se-Sulsel, termasuk mengisi ceramah atau khutbahnya dengan pesan pesan Perdamaian serta Partisipasi Aktif Umat dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024,” tambahnya.

“di Kemenag itu sangat kompleks juga karena terkait dengan beberapa lembaga atau institusi eksternal, kita punya basis struktural juga lengkap hingga ke tingkat terbawah di tiap kecamatan, contohnya Kemenag memiliki penyuluh agama bukan hanya agama Islam tapi semua agama yang jangkauan tugasnya sampai di level pedesaan bahkan kampung-kampung, sehingga potensi ini bisa dijadikan resources bagi KPU untuk mensosialisasikan kampanye pemilu damai, Sukses dan Aman,” ungkap Plt. Kakanwil.

KOMENTAR
Share berita ini :