Jakarta, Metropol. – Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) memberikan
pembekalan kepada seluruh peserta Latihan Pengaman Perbatasan Wilayah Laut Indonesia Malaysia, yang berlangsung di Puslat Kaprang Kolatarmatim, Senin (9/3).

Materi pembekalan yang diberikan yaitu, tentang hukum perang di laut, serta pengetahuan dasar tentang sumber dan prinsip hukum Internasional yang berlaku di Indonesia yang disampaikan oleh Mayor Laut (P) Heru Wiratama, S.H., yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Kumla Diskumarmatim.

Para peserta juga diberikan pembekalan tentang batas wilayah yuridiksi Nasional Indonesia dan prosedur pelaksanaan penindakan di laut yang disampaikan oleh Mayor Laut (KH) Warsita yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Bankum Diskumarmatim.

Selain itu, para peserta juga diberikan materi tentang Visit, Board, Search And Seizure (VBSS), yang merupakan sesuatu tindakan pencegatan di laut yang dilakukan untuk pengambilalihan kapal musuh secara paksa, yang disampaikan oleh Kapten Laut (P) Harwoko Aji yang seharihari menjabat sebagai Komandan Detasemen I Anti Teror Satkopaska Koarmatim. (Heroe)

KOMENTAR
Share berita ini :