Lokasi kebun tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) di Desa Peoho Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka.

Kolaka, Metropol – Kehadiran Babinsa di tengah masyarakat diharapkan mampu memberikan solusi bagi masyarakat yang ada di wilayah binaannya. Hal tersebut disebabkan karena masih tingginya kepercayaan masyarakat kepada garda terdepan penjaga teritorial NKRI itu.

Begitupula yang dilakonkan oleh Sertu Makhrub  Babinsa Koramil 1412-07/Watubangga yang menjalankan peran sebagaimana seorang ahli pengobatan tradisional. Kepada masyarakat binaannya yakni di Desa Peoho Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka, Serda Makhrub menggalakkan penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) sekaligus memberi penjelasan khasiat dan kegunaan toga yang ditanam.

“Awalnya kami akan membuat kebun tanaman toga di Kantor Desa bersama aparat desa” ujar Serda Makhrub kepada Metropol melalui selulernya, Kamis (02/02).

Lanjut dia, tanaman obat keuarga yang ditanam  adalah tanaman yang telah dikenal luas oleh masyarakat dan tumbuh liar di pekarangan warga.

“Ada tanaman Kumis Kucing, Srey, Alang-alang, Jahe, dan lain sebagainya yang khasiatnya telah dibuktikan oleh ilmu kedokteran modern,” ujarnya lagi.

Kata Serda Makhrub pengembangan tanaman toga di wilayah binaannya juga dimaksudkan untuk memanfaatkan pekarangan kosong masyarakat sekaligus menciptakan lapangan ekonomi baru bagi masyarakat karena Toga bisa dikembangkan menjadi industri rumahan yang memproduksi obat-obat herbal.

“Dalam budi daya tanaman obat ini juga  dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk mempertahankan  unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman,” pungkasnya.

(M. Daksan)

KOMENTAR
Share berita ini :